30 November 2017

Pembagian dengan Angka 0, Kenapa Kalkulator Selalu Error ?

kalkultor

Kalkulator adalah alat untuk memudahkan perhitungan. Kalkulator dapat melakukan perhitungan angka dengan cepat dan akurat. Baik operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan operasi lainnya bisa diselesaikan dengan mudah jika kita menggunakan kalkulator. Namun apa yang terjadi, saat kita membagi angka dengan angka nol? Kalkulator menjadi error. Kenapa?

Error pada kalkulator tersebut bisa dijelaskan dengan ilustrasi berikut. Misalkan 10 : 5 = 2, karena 10 = 5 x 2. Begitu juga 20 : 5 = 4, karena 20 = 5 x 4. Sekarang bagaimana jika 10 : 0 ? Atau 20 : 0? Apakah ada, sebuah angka jika dikalikan dengan "nol" hasilnya 10 atau 20. Jawabannya, tidak ada satu pun angka yang memenuhi. Dengan dasar tersebut maka pembagian oleh "nol" pada kalkulator selalu error.

Dalam matematika, istilah pembagian dengan "nol" dikenal tidak didefinisikan (undefined). Berapapun angkanya, jika dibagi dengan "nol", kalkulator akan selalu error. Bagaimana jika 0 : 0 ? Kalkulator juga akan menunjukkan error jika pembagia tersebut dilakukan. Jika 10 : 0 hasil undefined, maka jika 0 : 0 hasil tak tentu. Maksudnya tak tentu? Jika 0 : 0 maka hasilnya bisa 5 atau 6 atau 1000. Karena 0 = 0 x 5 = 0 x 6 = 0 x 100.

Bukannya 0 : 0 = 1 sama seperti 2 : 2 atau 1000 : 1000. Tidak, khusus 0 : 0 hasil bisa berapa saja, makanya disebut tak tentu. Pembagian dengan "nol" terkadang dianggap perhitungan yang gampang atau sepele. Tidak sedikit siswa mulai dari SD sampai SLTA yang paham dengan konsep pembagian "nol". Kebanyakan siswa, jika ditanya 0 : 0, hasilnya berapa? Dia akan menjawab 1, karena terpaku pada pembagian angka dengan angka itu sendiri. Begitu juga dengan kalkulator, alat ini didesain khusus untuk membantu manusia dalam melakukan perhitungan dengan cepat. Tidak hanya kalkulator, saat ini banyak aplikasi android yang berhubungan dengan perhitungan matematika, seperti geogebra, microsoft math dan yang lain. Pada saat kita melakukan pembagian dengan nol, maka aplikasi tersebut akan juga eror.

Itulah sedikit ulasan kenapa pembagian dengan "nol" tidak dapat dilakukan oleh kalkulator. Mudah-mudahan bermanfaat.

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "Pembagian dengan Angka 0, Kenapa Kalkulator Selalu Error ?"

Post a Comment