23 December 2017

Cara Menghindari Malmware Loapi di Android

malmware loapi

Baru-baru ini, Kaspersky Lab menemukan sebuah malware baru bernama Trojan.AndroidOS.Loapi. Jika ponselmu boros baterai dan sering memunculkan iklan, mungkin kamu salah satu korbannya. Dilansir dari kaspersky.com (18/12/17), loapi paling mudah masuk melalui banner iklan yang diklik oleh pengguna. Atau jalur lain seperti menginstal antivirus palsu, dan yang paling sering, dari instalasi aplikasi berkonten dewasa. Jika sudah terinfeksi, loapi dapat mengambil alih ponsel dengan kendali jarak jauh.


Malware yang dijuluki “jack of all trades” ini mampu mengirim dan menerima pesan yang segera dihapusnya, mengaktifkan layanan berbayar, dan yang paling menonjol adalah aktivitas penambangan uang digital. Karena kerjanya yang superaktif, loapi membuat prosesor beroperasi terus-menerus dengan beban maksimum. Hasilnya, tak hanya membuat panas ponsel. Uji coba di Kaspersky Lab bahkan menunjukkan ponsel dengan baterai yang gembung, setelah dua hari terinfeksi loapi.

Untuk menghindarkan ponsel android dari malware loapi, pengguna sebaiknya melakukan 4 hal ini:
  1. Menginstal aplikasi hanya dari sumber resmi, seperti Google Play. Malware loapi atau jenis lainnya, termasuk virus, jarang ditemukan pada aplikasi yang tersedia di Play Store.
  2. Nonaktifkan “sumber tidak dikenal” pada pengaturan keamanan di sistem android.
  3. Tidak usah menginstal aplikasi yang sebenarnya tidak terlalu kamu butuhkan.
  4. Gunakan antivirus yang bagus, dan pindai ponselmu secara rutin.
  5. Jangan pernah mengunjungi situs dewasa, apalagi menginstal aplikasinya. Sebab bukan hanya ponsel, otakmu pun bisa rusak.
Sumber image :
wccftech.com/unknown-sources-main-source-of-android-trojan/

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "Cara Menghindari Malmware Loapi di Android"

Post a Comment