25 December 2017

Loapi ! Virus Android Baru Ini Mampu Menghancurkan Smartphonemu


Ketika kalian mendengar tentang virus, mungkin kalian akan berfikir ini adalah organisme mikroskopis mungil yang menyebabkan HIV dan AIDS atau yang lainnya. Akan tetapi, di dunia teknologi, virus merupakan hal yang berbeda, kita sering menyebutnya malware. Nah sob, kalian pasti pernah mendengar tentang berbagai serangan malware pada PC, ponsel, dan gadget lainnya yang begitu banyak? Wabah terbaru yang sempat menggegerkan dunia beberapa waktu yang lalu yakni WannaCry Ransomware, telah merusak komputer dan server di berbagai belahan dunia.

Virus/malware akan membuat ponsel dan PC kalian melakukan apa yang tidak kalian minta agar mereka lakukan. Saya ingat beberapa tahun yang lalu ketika sebuah malware, yang namanya dimulai dengan kata "monkey" membuat ponsel saya terpasang dan bermain game sendiri setiap tengah malam. Itu sangat menjengkelkan. Tanpa kalian sadari, ada begitu banyak virus yang berkeliaran hari-hari ini, keberadaan merekapun tidak pernah berkurang dan terus bertambah banyak. Dan sejak lonjakan criptocurrency, ada begitu banyak virus/malware yang diaktifkan, bukan hanya hacker yang ingin masuk ke telepon kalian dan mengalihkan pikiran ponsel kalian, tapi juga admin situs web ke situs web yang kalian kunjungi yang telah meningkatkan penggunaan beberapa JavaScript-based cryptocurrency miners untuk memonetisasi dengan menggunakan kekuatan CPU PC kalian untuk menambang Bitcoin atau cryptocurrencies lainnya.

Seperti yang dilangsir laman Androidpolice.com (20/12/2017) baru minggu lalu, telah ditemukan oleh periset dari AdGuard bahwa beberapa situs video streaming akan membajak siklus CPU jutaan pengunjung yang mengunjungi situs mereka untuk menambang cryptocurrency. Kemudian, baru-baru ini, periset keamanan yang berbasis di Moskow dari Lab Kaspersky telah menemukan strain virus Android baru yakni Dubbed Loapi. Virus android ini menyembunyikan dirinya dalam aplikasi anti-virus dan ini mampu menyebabkan berbagai aktivitas jahat pada telepon kalian. Kegiatan ini berkisar dari kripto daya pertambangan hingga meluncurkan serangan Distributed Denial of Service (DDoS).

Di antara banyak kegiatan berbahaya yang dijuluki Loapi dapat menyebabkan berbagai masalah pada telepon kalian hanya dalam waktu dua hari setelah infeksi. Ketegangan dan tekanan yang ditimbulkannya pada telepon kalian akan membuat baterai smartphone kalian membengkak dan menonjol keluar dari penutup belakangnya. Nah, ini sangat buruk. Seperti yang di langsir laman droidengage.com (20/12/2017) Periset telah menggambarkan bahwa Dubbed Loapi memiliki arsitektur modular yang memungkinkannya melakukan berbagai aktivitas jahat pada saat bersamaan. Misalnya
  1. Menambang Cryptocurrencies untuk penciptanya menggunakan daya CPU ponsel kalian
  2. Meluncurkan serangan DDoS
  3. Bom iklan pada ponsel kalian yang menyebalkan
  4. Mengarahkan lalu lintas web
  5. Mengirim pesan sendiri
  6. Download dan instal aplikasi sendiri di telepon kalian
Aktivitas berbahaya yang paling penting di sini adalah penambangan cryptocurrency, Loapi menggunakan CPU telepon kalian untuk mine monero cryptocurrency (menambang crypto) dengan sangat intens sehingga akan memberi tekanan pada baterai telepon kalian dan menghancurkannya dalam dua hari. Penjahat dunia maya di balik ini adalah kelompok yang sama di balik malware Android populer yang disebut podec. Tercatat bahwa Podec telah menghancurkan banyak ponsel selama ini. Mereka mendistribusikan perangkat lunak jahat melalui toko aplikasi pihak ketiga dan melalui iklan online yang menjadi aplikasi anti-virus populer yang diketahui semua orang. Virus ini saat ini meniru setidaknya 20 variasi perangkat lunak antivirus yang sah seperti AVG, Kaspersky lab, Norton, Avira, DR web dan keamanan CM.

Juga, jika kalian mengunjungi situs porno, kalian juga berisiko terinfeksi. Ketika dipasang oleh korban, Loapi memaksa pengguna untuk memberikan 'izin administrator perangkat' seperti yang dilakukan setiap antivirus dan aplikasi yang sah. Bila kalian mengklik ya, kalian telah memberi iblis kekuatan yang sama seperti yang kalian miliki di telepon kalian, sekarang, ponsel cerdas kalian dimiliki.
Akhirnya, satu hal paling lucu dan paling menarik tentang virus Loapi adalah dengan agresif melawan upaya apapun yang kalian coba untuk mencabut izin manajer perangkat yang diberikan kepadanya. Hal itu dilakukan dengan mengunci layar saat kalian mencoba melakukannya atau menutup jendela telepon dengan sendirinya. Untuk melakukan ini, Dubbed Loapi berkomunikasi dengan perintah khusus modul dan server android (C & C). Saat terhubung ke server C & C, Loapi mengirimkan daftar aplikasi antivirus yang sah (jika ada) dan menuduh aplikasi nyata dan sah ini sebagai perangkat lunak jahat dan mendesak pengguna untuk mencopot pemasangannya dengan menunjukkan pop up yang mengganggu yang terus berlanjut sampai pengguna melakukan tugas menguninstall anti-virus. Anti virus ini adalah satu-satunya hal yang dapat menimbulkan ancaman bagi keberadaannya di sistem telepon kalian.

Untungnya, virus tidak dapat ditemukan di aplikasi manapun di play store, sehingga pengguna yang tetap bermain dan mendownload aplikasi dari toko aplikasi resmi bebas dari infeksi. Akan tetap kalian harus tetap waspada dan berhati-hatilah, jangan biarkan virus ini membunuh telepon kesayangan kalian.

Sumber :
  • https://www.rancahpost.co.id (gambar)
  • Pacandu Gadget

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "Loapi ! Virus Android Baru Ini Mampu Menghancurkan Smartphonemu"

Post a Comment