10 January 2018

Inilah Spesifikasi Sony Xperia XA2, Xperia XA2 Ultra dan Xperia L2 Smartphone Sony Terbaru 2018

Di awal tahun 2018 ini, Sony nampaknya ingin kembali menunjukan kemampuannya untuk bersaing di pasar smartphone. Belum sampai dua minggu kita menginjakan kaki di tahun ini, namun Sony telah memperkenalkan 3 smartphone keren buatannya. Yang menarik dari ketiga perangkat Sony adalah penampilannya yang anti mainstream. Bagaimana tidak? Disaat banyak vendor yang berlomba-lomba menghadirkan smartphone bezel-less di bulan-bulan terakhir 2017 lalu, Sony malah tetap menggunakan desain khasnya ke smartphone terbaru mereka, yang mungkin pantas untuk dimiliki di tahun 2018 ini.

Penampilan khas itulah yang akan membuat Sony akan tetap nyantol di hati para penggemarnya, yang mungkin jumlahnya tidak banyak, namun kesetiaan mereka bisa diadu. Apa saja sih ponsel pintar yang diperkenalkan oleh Sony di awal tahun 2018 ini? Berikut jawabannya.



1. Sony Xperia XA2

Sony Xperia XA2

Perangkat pertama yang diperkenalkan Sony adalah Xperia XA2. Perangkat tersebut merupakan penerus dari XA1. Sebagai penerus, tentu ada beberapa peningkatan yang dilakukan oleh Sony ke dalamnya. Smartphone berlayar 5,2 inci tersebut dibekali denagn chipset teranyar dari Qualcomm, yakni Snapdragon 630. Chipset tersebut memiliki kemampuan yang jauh lebih baik dibandingkan Snapdragon 625, yang bahkan sering dianggap sama dengan Snapdragon seri 821.

Guna menyuguhkan performa yang baik kepada penggunanya, Sony mengkolaborasikan Snapdragon 630 dengan RAM sebesar 3GB. Kapasitas RAM yang nanggung tersebut rupanya tidak menjadi kendala bagi Sony untuk menyuguhkan Xperia XA2 kepada dunia. Berbicara soal kamera, pada bagian belakang, atau tepatnya kamera utama dari Xperia XA, Sony menyematkan lensa sebesar 23MP. Lensa tersebut memiliki aperture f/2.0, dengan ditemani oleh phase detection autofocus dan LED Flash. Lensa tersebut juga telah mampu melakukan perekaman 2160p pada kecepatan 30fps, 1080p pada kecepatan 30fps, dan suara stereo.

Xperia XA nampaknya dijadikan sebagai smartphone selfie. Pasalnya, perangkat tersebut ditenagai dengan lensa ganda 16MP (f/2.0, OIS, AF) + 8MP (f/2.4). Dengan demikian, perangkat tersebut dapat dipercaya sebagai senjata selfie yang paling canggih oleh para penggunanya. Android 8.0 Oreo akan menjadi sistem operasi yang berjalan secara langsung di dalam perangkat tersebut. Dan, smartphone yang memiliki pemindai jari pada punggungnya ini ditopang dengan baterai sebesar 3300mAh.

2. Sony Xperia XA2 Ultra
sony xperia xa2 ultra

Jika Xperia XA2 adalah smartphone yang ukurannya terlalu kecil bagi kamu, maka kini saatnya untuk melirik pilihan kedua yang ditawarkan oleh Sony di tahun 2018 ini, yakni Xperia XA2 Ultra. Perangkat tersebut memiliki ukuran yang lebih besar, sesuai dengan nama Ultra yang diembannya. Xperia XA2 Ultra adalah smartphone yang berukuran layar 6 inci, yang akan menyuguhkan resolusi full HD atau 1080x1920 piksel kepada setiap bola mata yang memandangnya.

Chipset yang tersemat di dalamnya sama dengan Xperia XA2, yakni Snapdragon 630. Namun, kapasitas RAM yang ditawarkannya lebih besar, yakni 4GB dengan pilihan ROM 32GB dan 64gB (Xperia XA2 hanya 32GB). Smartphone yang juga memiliki tenaga lensa serupa dengan Xperia XA, baik di depan atau di belakang ini memiliki bateria yang sedikit lebih besar, yakni 3580mAh. Android Oreo 8.0 pun menjadi sistem operasi yang berjalan di dalamnya.

3. Sony Xperia L2

sony xperia l2
Sony pun memiliki penawaran smartphone terakhir di awal tahun 2018 ini, yakni Xperia L2. Perangkat tersebut hadir dengan layar yang seluas 5,5 inci beresolusi 720 piksel. Chipset yang digunakan di dalamnya adalah MediaTek MT6737T, yang terbilang lawas karena lahir pada tahun lalu. Chipset tersebut dikolaborasikan dengan RAM sebesar 3GB dan storage sebesar 32GB.

Lain halnya dengan Xperia XA2, Xperia L2 tidak dibekali dengan lensa ganda. Pada bagian belakangnya tersemat lensa 13MP, sementara itu pada bagian depannya tersemat lensa 8MP. Android Oreo belum menjadi sistem operasi yang berjalan di dalamnya, namun masih Android Nougat 7.1.1 Nougat. Baterai yang menopangnya serupa dengan Xperia XA2, yakni sebesar 3300mAh.

Kesimpulan

Sony adalah vendor yang terus berusaha berdiri tegap ditengah persaingan smartphone yang semakin memanas. Vendor tersebut memang tidak banyak memiliki fans, seperti yang dimiliki oleh Xiaomi, Samsung, atau Apple. Namun, kesetiaan dari para fans Sony yang jumlahnya tidak banyak tersebut membuat brand asal Jepang itu terus menghadirkan perangkat yang mampu bersaing, Xperia XA2, Xperia XA2 Ultra, dan Xperia L2 adalah bukti nyata Sony.

Penampilan yang anti mainstream dari ketiga perangkat tersebut, karena tidak bezel-less pada bagian atas dan bawah layarnya, bisa menjadi kunci kesuksesan Sony di tahun ini. Pasalnya, beberapa pihak telah menunjukan rasa bosannya dengan smartphone bezel-less. Hingga saat ini, belum ada informasi yang dapat kami berikan terkait harga. Jika kami boleh menebaknya, maka ketiga perangkat tersebut bisa dimiliki dengan harga mulai dari Rp 3 jutaan hingga Rp 6 jutaan.

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "Inilah Spesifikasi Sony Xperia XA2, Xperia XA2 Ultra dan Xperia L2 Smartphone Sony Terbaru 2018"

Post a Comment