24 Februari 2018

Reynold B. Johnson : Sejarah Singkat Hardisk dan Pencipta Hardisk Pertama

hardisk
Hardisk merupakan salah satu perangkat komputer yang berfungsi sebagai alat atau media penyimpanan. Baik itu penyimpanan data-data berkas, audio, gambar maupun video. Hardisk itu sendiri adalah termasuk organ vital bagi perangkat komputer, laptop maupun notebook, karena system operasi komputer terinstall di dalamnya. Pernahkah kita berfikir bagaimanakah hardisk itu tercipta atau hardisk pertama kali dicipatakan oleh siapa ? Oke mari kita bahas!.


Penemu Hardisk


Reynold B. Johnson

Hardisk ditemukan oleh Reynold B. Johnson, pria kelahiran Minnesota, Amerika Serikat pada tahun 1906. Dia adalah seorang guru Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika di sebuah sekolah di Ironwood, Michigan. Sebagai seorang guru, Johnson selalu berfikir bagaimana caranya agar rumus-rumus matematika yang dia ajarkan kepada murid-muridnya bisa lebih mudah untuk dimengerti.

Suatu ketika ada dua orang murid yang tertangkap basah sedang mencuri sebuah radio, maka kedua murid itu dijatuhi hukuman. Tapi unik nya, Johnson memberi hukuman kepada kedua murid tersebut berupa tugas untuk melakukan eksperimen. Dari hukuman itu kedua muridnya berhasil menciptakan sebuah alat pemeriksa lembar ujian dengan sistem pilihan ganda atau multiple choice. Nah dari sinilah yang menjadi cikal-bakal penemuan Hardisk.

Di laboratorium IBM di Columbia University dia berusaha mengembangkan hasil experimen kedua muridnya tersebut, dan hasilnya pada tahun 1955 dia berhasil membuat Cakram keras sebagai penyimpanan yang diberi nama IBM 305. IBM 350 itu sendiri terdiri dari tumpukan 50 keping cakram yang berdiagonal 24 inci atau sekitar 60cm dan hanya bisa menyimpan data sebesar 5 Megabyte saja. Dan pada tahun 1956 IBM 350 resmi dipatenkan menjadi Hardisk komersial pertama di dunia.

Hingga kini hardisk semakin berkembang dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Bahkan perkembangan teknologi sekarang ini telah menemukan penyimpanan data sebagai pengganti Hardisk yang di sebut SSD (Solid State Drive.
Sumber gambar :
  • perangkatkeras.net
  • anakrantau29.blogspot.co.id

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "Reynold B. Johnson : Sejarah Singkat Hardisk dan Pencipta Hardisk Pertama"

Posting Komentar