23 March 2018

5 Alasan Kenapa Xiaomi Bisa Murah dari Oppo dan Menjadi Smartphone yang Laris di Indonesia

kenapa xiaomi murah

Beberapa tahun belakangan produk Xiaomi mendominasi penjualan smartphone di pasaran khususnya di Indonesia. Xiaomi yang merupakan smartphone asal China mampu menarik konsumen dengan produk yang berkualitas dan harga yang terjangkau. Hingga kini jumlah penjualan smartphone Xiaomi ada di urutan ketiga di bawah Samsung dan Apple.

Apa sih yang membuat harga Xiaomi begitu murah dan diminati konsumen ?

1. Biaya Produksi
Harga smartphone yang ditawarkan oleh Xiaomi terbilang murah bila dibandingkan dengan produk lain yang memiliki spesifikasi yang sama. Dengan spesifikasi yang sama dan harga yang lebih murah tentu menjadi alasan kenapa konsumen lebih memimih Xiaomi.

Xiaomi berani menjual produk dengan harga murah karena mereka berhasil meminimkan biaya prosuksi, salah satunya smartphone xiaomi dijual tanpa headset atau earphone, selain itu untuk promosi Xiaomi lebih aktif di jejaring sosial ketimbang memasang iklan yang memerlukan banyak biaya.

2. Segmentasi pasar yang tepat
Dengan harga produk yang relatif murah, Xiaomi menargetkan kalangan menengah ke bawah sebagai konsumen mereka. Strategi tersebut berhasil dilakukan Xioami dengan menjadikan Indonesia sebagai salah satu pangsa pasar yang besar bagi produk mereka.

Xiaomi hanya mengembangkan dua series produk, Redmi Series dan Mi Series. Redmi Series menyasar target pasar kalangan menengah ke bawah, sedangkan Mi Series menjadi target pasar kalangan menengah ke atas.

3. Media promosi yang digunakan
Xiaomi memanfaatkan media sosial sebagai media promosi mereka, dengan memanfaatkan sosial media seperti facebook, twitter atau weibo mereka bisa memangkas biaya untuk promosi.

Media sosial merupakan aplikasi terbesar yang digunkan oleh semua kalangan di dunia, sehingga produk yang diperkenalkan oleh Xiaomi menyebar luas dengan cepat. Selain itu Xiaomi memanfaatkan e-commerce dalam menjual produk-produknya, seprti lazada, toko pedia, olx.

4. Memiliki sistem operasi sendiri (MIUI)
Sistem operasi yang digunakan Xiaomi adalah MIUI, yang merupakan modifikasi dari sistem Android. sistem operasi ini memberikan kebebasan untuk melakukan pengembangan pada sistem operasinya.

salah satu kelebihannya ketika smartphone di-root garansi Xiaomi tidak akan hilang selagi tetap mempertahankan MIUI-nya, hal ini bertujuan agar lebih fleksibel dalam pengembangan aplikasi bersama MIUI.

5. Bekerjasama dengan Qualcomm
Salah satu prosessor yang dikeluarkan Qualcomm adalah Snapdragon, Snapdragon merupakan salah satu prosessor paling populer untuk produk smartphone saat ini. Tentunya dengan menjalin kerjasama, Xiaomi akan mendapatkan harga prosessor kelas atas ini dengan harga yang lebih murah lagi.

Meskipun harga produk Xiaomi terbialng murah, namun Xiaomi tetap menggunkan hardware yang berkualitas agar tetap diminati konsumen.
Itulah 5 alasan kenapa Xiaomi berani menjual produk mereka dengan harga yang murah dan banyak diminati konsumen khusunya di Indonesia.

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "5 Alasan Kenapa Xiaomi Bisa Murah dari Oppo dan Menjadi Smartphone yang Laris di Indonesia"

Post a Comment