23 March 2018

5 Cara Mengatasi Kuota Internet Agar Tidak Cepat Habis

Internet merupakan kebutuhan masyarakat yang saat ini menjadi nomor satu dan tidak bisa ditawar-tawar lagi kehadirannya. Selain disebabkan oleh penetrasi smartphone yang pesat, internet juga seakan menjadi jembatan semua orang untuk melangkahkan kaki ke dunia kedua, yakni dunia digital.

Dengan demikian, tak heran banyak orang yang saat ini menjadikan internet sebagai kebutuhan primer mereka, sehingga bisa sejajar dengan sandang, pangan, dan pakan. Mungkin hal ini terdengar lucu jika dibicarakan pada beberapa tahun, namun tidak di saat ini. Sayangnya selain memberikan keuntungan, internet juga memiliki kekurangan yang saat ini sering dirasakan oleh cukup banyak orang juga. Kekurangan yang dimaksud adalah jumlah kuota yang seakan cepat habis.

Lalu, bagaimana cara menangani masalah tersebut? Berikut langkah-langkahnya!


1. Manfaatkan Fitur Pembatas Kuota Internet

limit kuota internet

Tanpa disadari, perangkat kamu sudah dibekali fitur yang mampu menghemat data internet yang dimiliki. Fitur itupun menjadi teman yang sangat bisa diandalkan untuk menghemat pengeluaran di setiap bulannya.

Mungkin diantara kamu sudah banyak yang menyadari adanya fitur tersebut, namun tidak sedikit pula yang masih kebingungan untuk mengaktifkannya. Maka dari itu, kini saatnya untuk melihat cara memanfaatkan fitur pembatas kuota internet yang telah ada di perangkat kamu.

Kamu cukup mengunjungi Settings > Connections > Data usage > aktifkat opsi Data Saver yang tersedia. Kamu cukup menentukan jumlah kuota yang ingin dibatasi. Biasanya, banyak pengguna yang akan menentukan kuota di batas 5 GB, sesuai dengan banyak promo yang disediakan diantara operator saat ini.

Pada beberapa perangkat lain, fitur tersebut dapat dimanfaatkan dengan mengunjungi Settings > Data Usage > Data Saver. Kamu pun cukup menentukan jumlah kuota yang ingin dibatasi.

2. Memanfaatkan Browser dengan Fitur Hemat Kuota

browser hemat kuota

Browser adalah salah satu jendela bagi mereka yang ingin melihat atau bahkan menyentuh dunia internet saat ini. Banyak pilihan browser yang bisa dipilih oleh para pengguna smartphone ataupun PC, namun sayang hanya sedikit yang memiliki fitur hemat kuota.

Browser dengan fitur hemat kuota akan membantu kamu dalam membatasi jumlah penggunaan kuota internet. Sehingga kamu tidak akan kebablasan setiap kali menggunakan browser dalam mengunjungi Internet.

Terdapat segelintir browser yang mampu mengurangi penggunaan kuota internet kamu. Salah satu pilihan yang kami rekomendasikan adalah Opera Mini, yang memiliki fiutr penghemat data.

Namun, jika kamu terbiasa dengan Chrome, maka silahkan manfaatkan fitur tersembunyi. Kamu cukup mengunjungi Settings (ikon tiga titik), lalu sentuh bandwith dan pilih data saver.

3. Matikan Opsi Sinkronisasi

matikan sinkronisasi

Kehebatan banyak gadget saat ini adalah fitur sinkronisasi. Fitur tersebut memungkinkan kamu untuk menyesuaikan apa saja yang ada di dalam satu perangkat ke perangkat lainnya. Sayang, fitur tersebut membutuhkan jumlah kuota yang cukup besar.

Jika kamu merasa tidak perlu menggunakan fitur sinkronisasi, maka kamu bisa mematikannya yang berujung pada penghematan data internet. Untuk dapat melakukannya kamu cukup mengunjungi Settings > Accounts > pilih akun yang tidak ingin dilakukan sinkronisasi.

Dengan dimatikannya fitur tersebut, maka kamu sudah dapat dipastikan menghemat sebagian jumlah kuota internet.

4. Cari Tahu Aplikasi yang Paling Boros Kuota

cek aplikasi

Penggunaan data yang besar biasanya dirasakan oleh mereka yang menggunakan banyak aplikasi. Sayangnya, beberapa aplikasi juga menjadi penyebab dibalik cepat habisnya kuota internet yang dibeli, bahkan bisa membuat pengguna beli kuota lebih dari satu kali di setiap bulannya.

Jika kamu merupakan pengguna yang memiliki jumlah aplikasi banyak, maka kini saatnya mencari tahu aplikasi mana yang paling banyak menyedot kuota kamu. Bagaimana caranya? Kamu kembali harus mengunjungi Settings > Connection > Mobile Data Usage, lalu disana kamu bisa kamu bisa melihat aplikasi yang paling boros.

Pada perangkat yang kami pegang, Facebook merupakan aplikasi yang paling besar menggunakan kuota internet. Bahkan, belum sampai sebulan aplikasi tersebut sudah menghabiskan lebih dari setengah GB dari jumlah seluruh kuota yang kami miliki.

5. Batasi Penggunaan Kuota di Aplikasi

batasi penggunaan kuota android

Selain kamu bisa membatasi penggunaan kuota internet pada smartphone secara keseluruhan, kamu juga bisa membatasi penggunaan kuota di setiap aplikasi yang ada di dalam smartphone.

Pembatasan dilakukan dengan opsi sinkronisasi dan opsi pengaturan data yang digunakan. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan mematikan fitur notifikasi yang ditimbulkan oleh aplikasi tersebut.

Untuk dapat mematikan fitur notifikasi dari aplikasi tersebut, kamu cukup mengunjungi Settings > Apps, lalu pilih aplikasi yang hendak dimatikan notifikasinya dan silahkan pilih Not Allowed di dalam window tersebut. Cara lainnya adalah dengan menggeser opsi on dan off pada pilihan Allow Notifications.

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "5 Cara Mengatasi Kuota Internet Agar Tidak Cepat Habis"

Post a Comment