25 March 2018

Warning ! Hindari 5 Kebiasaan Berikut Agar Baterai Smartphone Tidak Cepat Rusak


Pastinya setiap dari kita memiliki smartphone dan bahkan lebih dari satu, tetapi taukah kamu, terkadang kita melakukan kesalahan dalam memperlakukan smartphone kita salah satu contohnya adalah seperti mencharger smartphone, ya walaupun ini kelihatannya sederhana tetapi bahkan sering kita abaikan dan jika terus-terusan smartphone yang kita punya tidak akan panjang umur, khususnya pada baterai smartphone tersebut dan juga apakah hp harus dimatikan saat di charge ? Nah mungkin 5 diantara ini ada yang sering kita lakukan bahkan sudah menjadi kebiasaan pada saat mencharger smartphone. Bagi kamu yang sudah penasaran mari kita langsung bahas saja.



1. Menggunakan power bank terlalu sering
Power bank memang jadi salah satu barang yang sangat membantu dalam mengisi daya smartphone kamu. Tetapi sebaiknya tidak menggunakannya terlalu sering, Dikarenakan Power bank yang kamu gunakan akan membuat batrai smartphone kamu cepat panas dan mengurangi masa baterai kamu. Saran untuk kamu yang sering menggunakan Power bank. Power bank hanya digunakan dalam keadaan mendesak saja. Kamu harus tahu cara pengisian baterai hp yang benar dan jangan sering menggunakan power bank.

2. Ngecharge smartphone tanpa melapas dulu casing pelindung
Ini kekeliruan paling fatal saat ngecharge menggunakan casing pelindung. Ternyata kalau ngecas smartphone kamu harus melepas smartphone kamu dari casing pelindungnya agar panas pada sisi bawah smartphone tidak tertahan oleh casingnya. seperti saya bilang sebelumnya, panas yang tertahan dicasing kamu akan membuat batrai smartphone kamu mengurangi masa batrai kamu. Maka di anjurkan untuk membuka casing smartphone kamu terlebih dahulu sebelum mengecharge smartphone kamu.

3. Tidur Saat Sedang Mengisi Daya Smartphone
Overcharging atau smartphone jadi terlalu panas saat diisi daya adalah kesalahan yang sangat umum. Hal ini terjadi biasanya saat user mengisi daya smartphone sebelum tidur dan tidak mencabut kabel selama beberapa jam, hingga pengguna bangun. Jika hal ini berlangsung lebih dari 2-3 jam, ini bisa jadi masalah. Karena baterai Li-ion biasanya mencapai kapasitas 100 persen setelah diisi daya antara 2-3 jam. Kalau hal ini terus berlangsung, suhu baterai bisa naik terlalu tinggi sehingga merusak perangkat dan menyebabkan baterai hp menjadi kembung . Ingat untuk mengetahui berapa persen hp android harus di cas yang baik adalah minimal 10 persen.

4. Tak Memperhatikan Tempat Saat Mengisi Daya
Mengisi daya smartphone di sembarang tempat ternyata dapat menimbulkan bahaya bagi smartphone kamu. Seperti disebutkan di atas, baterai Li-ion memiliki temperatur tertentu yang bisa ditoleransi. Nah, jika kamu menaruh ponsel di tempat yang begitu panas, otomatis suhu ponsel pun bisa meningkat dan itu bukan hal yang baik. Pada sisi lain, menempatkan smartphone di area dengan suhu sangat rendah seperti di depan AC juga bisa menyebabkan masalah. Kamu harus memperhatikan tempat saat mengisi daya smartphone jangan mengisi daya di tempat yang terlalu panas atau temperaturnya terlalu dingin.

5. Menghindari Menggunakan Ponsel Saat Dicharge
Menggunakan hp saat sedang di charge akan menimbulkan kulitas baterai memburuk, benarkah ? Ternyata tidak juga. Kamu tetap dapat menggunakan hp seperti biasa ketika mengisinya. Mungkin butuh waktu yang lama untuk mengisi daya smartphone, tapi jangan khawatir smartphone masih akan di charge secara normal. Yang harus dihindari sebenarnya adalah menggunakan banyak aplikasi bersamaan saat ponsel sedang di charge.

Resource gambar :
amazon.co.uk

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "Warning ! Hindari 5 Kebiasaan Berikut Agar Baterai Smartphone Tidak Cepat Rusak"

Post a Comment