23 March 2018

Inilah Penyebab Mengapa Aplikasi Jadul Tidak Dapat Berjalan di Android P Terbaru

booting uptime

Seperti yang kita ketahui bersama, Google telah merilis versi developer preview dari sistem operasi mobile terbarunya, Android P. Baru-baru ini, para pengembang yang mendapat kesempatan mengobrak-abrik OS itu menemukan sebuah masalah, yakni tidak berjalannya aplikasi jadul di Androi P. Pada pengembang menyadari masalah tersebut ketika mencoba beberapa aplikasi di dalam perangkat bersistem operasikan Android P. Sistem operasi tersebut rupanya tidak memiliki kecocokan dengan beberapa aplikasi, dan memunculkan peringatan.
Peringatan tersebut tertulis, “This app was build for an older version of Android and may not work properly. Try checking for updates, or contact the developer.

Jika diartikan maka seperti ini maksud dari peringatan itu, “Aplikasi ini dibuat untuk Android dengan versi lalu dan mungkin tidak akan bekerja sebagaimana mestinya. Coba periksa pembaruan, atau hubungi pihak pengembang.

Masalah ini rupanya disebabkan oleh perubahan standar minimal API yang ditetapkan Google di dalam Android P. Dari informasi yang kami dapatkan di laman Reddit, API terendah yang ditetapkan pada sistem operasi Android P adalah 17.

android p

Standar minimal Android P serupa pada Android 4.2 Jelly Bean. Sehingga, aplikasi yang dibuat dan tidak diperbarui setelah munculnya 4.2 Jelly Bean tidak akan cocok untuk dijalankan di sistem operasi Android P.

Bukan sekedar peringatan saja yang akan muncul pada aplikasi yang dipaksa berjalan di atas OS Android P. Kemungkinan besar aplikasi “jadul” yang tidak diperbarui oleh pengembangnya tersebut akan benar-benar diblokir oleh sistem.

Hal ini sebenarnya telah diantisipasi oleh Google dengan menetapkan persyaratan dukungan API terendah untuk aplikasi yang baru diunduh di Play Store. Dengan antisipasi tersebut, semua aplikasi yang baru akan dimasukan ke dalam Play Store harus memenuhi persayarat.

Namun, masalah yang sebenarnya dihadapi adalah aplikasi yang telah lama berdiam di dalam Play Store sejak Android 4.2 Jelly Bean. Jika tidak ada update dari pihak pengembang, maka pengguna nantinya tidak dapat menggunakannya lagi.
Google pun memiliki solusi terhadap masalah tersebut. Untuk aplikasi yang gagal diperbarui (tidak mendapat update), maka layanannya akan dihentikan secara aman. Sehingga pengguna diharapkan tidak mendapat masalah saat telah mengadopsi Android P nantinya.

Jika kamu telah memiliki perangkat yang siap mengadopsi Android P, maka sepertinya wajib memeriksa deretan aplikasi yang ada di dalam perangkatmu itu. Bisa saja ada aplikasi yang sudah dilupakan oleh pengembangnya dan tidak akan cocok dengan Android P.

Pun demikian, saat ini Android P masih di versi developer satu. Masih ada beberapa versi lainnya yang harus dilalui oleh sistem operasi tersebut, sebelum akhirnya dilepas ke end user.

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "Inilah Penyebab Mengapa Aplikasi Jadul Tidak Dapat Berjalan di Android P Terbaru"

Post a Comment