11 April 2018

8 Tips Merawat Memory Card Agar Tidak Cepat Rusak

merawat kartu memori biar awet

Dalam dunia digital keberadaan suatu memory sangatlah penting. Segala macam perangkat atau device baik itu smartphone, kamera, laptop pasti membutuhkan suatu media yang dapat digunakan untuk menyimpan semua data. Apalah daya sebuah perangkat tanpa adanya memory di dalamnya ibarat sayur tanpa garam. Kenapa card reader cepat rusak ? Pertanyaan itu pasti akan muncul karena terjadi masalah terhadap memori. Agar memory card tetap awet dari masa ke masa maka perlu perhatian khusus yang perlu di perhatikan. Jika masalah merawat kartu memori kamu abaikan maka bisa jadi penyebab kartu memori tidak terbaca Artikel ini akan sedikit membahas tips merawat memory card supaya awet dan tidak cepat rusak.



1. Jangan menaruh memori eksternal pada dompet

Cara pertama yang perlu kamu lakukan adalah jangan menaruh kartu memori dalam dompet, apakah kamu pernah melakukan hal tersebut ? Jika pernah, segera tinggalkan hal tersebut. Menduduki memory eksternal bisa membuatnya cepat rusak. Sebaiknya jika kalian tidak menggunakan memory eksternal gunakan tempat penyimanan khusus untuk memori. Sudah banyak yang menjual aksesori untuk menyimpan memori.

2. Update OS

Lakukan update sistem operasi smarphone kamu, hal ini akan meningkatkan transfer data ke dalam memory eksternal dan meringankan beban kinerjanya. Setelah dilakukan upgrade sistem, pasti banyak fitur-fitur yang nantinya akan ditambahkan. Kamu bisa mengecek persi dari sistem android yang sedang anda gunakan saat ini, bisa melalui menu setting >> about >> Version. Jika terdapat pilihan upgrade, sebaiknya kamu langsung mengupgradenya. Namun biasanya upgrade sistem membutuhkan kouta yang lumayan banyak. Sebaiknya kamu memanfaatkan layanan wifi yang ada disekitar anda jika ingin melakukan upgrade sistem. Dengan begitu anda bisa menghemat kouta internet yang kamu miliki sekarang ini.

3. Unmount SD Card

Jika kamu ingin melepas ataupun mencopot memory eksternal yang kamu gunakan sebaiknya lakukan unmount terlebih dahulu. Jangan langsung melepasnya begitu saja, karna bisa menyebabkan terjadinya kerusakan. Jika kamu belum tau cara melakukan unmount, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini : Masuk kedalam menu setting >> Storage >> pilih Unmount SD Card >> selesai. Jika hal tersebut sudah kamu lakukan, selanjutnya kamu bisa mencopotnya dengan pelan-pelan.

4. Kamu bisa melakukan format memori pada smartphone

Memformat memori tujuannya adalah menata ulang ruang penyimpana dari kartu memori. Sebelum kamu melakukan format sebaiknya back up terlebih dahulu data-data yang ada pada kartu memori tersebut. Pada saat kamu melakukan format, penataan ulang blog data pada memori mulai dilakukan, jika kamu memformatnya pada sebuah pc, blok data yang dihasilkan akan berbeda, sebaiknya lakukan format langsung pada smartphone yang kamu gunakan, jangan menggunakan komputer untuk memformat memori eksternal jika nanti akan digunakan pada hp. Jika kamu masih bingung bagaimana cara memformat memory card pada hp android, akamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut : masuk kedalam menu setting >> storage >> pilih Erase SD Card >> tunggu proses hingga selesai. Kamu sudah berhasil memformat kartu memory.

5. Jangan menggunakan Card Reader yang murahan

Menggunakan card reader yang memiliki kualitas murahan bisa membuat kartu memori eksternal yang kamu miliki cepat panas, ada juga kasus yang sampai menyebabkan memory card terbakar karna terlalu panas. Sebaiknya ada beli Card Reader yang memiliki harga mahal, namun dengan kualitas terbaik. Sebagai opsi pilihan yang lain yang bisa anda gunakan adalah USB Micro SD, dengan menggunakan USB Micro SD, tingkat keamanannya lebih bagus dibandingkan jika menggunakan Card Reader.

6. Jangan masukan Kartu memory kedalam smartphone dalam keadaan basah

Jika tangan kamu basah disebabkan baru selesai mandi dan anda memegang kartu memory. Secara otomatis kartu memory tersebut dalam keadaan basah, sebaiknya jangan langsung memasukannya kedalam handphone, sebaiknya kamu keringkan terlebih dahulu. Tujuannya adalah menghindarkan resiko terjadinya konslet pada kartu memory kamu. Bila perlu anda pastikan benar-benar kering atau diamkan selama 3 hari baru kamu masukan kedalam handphone.

7. Jangan biarkan memori card dalam keadaan penuh

Jika kartu memori anda sudah dalam keadaan penuh, yang terjadi nantinya adalah lamanya pembacaan data dan memberatkan operasional hp, jika terjadi hal yang demikian, hp akan menjadi semakin lemot. Sebaiknya jika kartu memori kamu mulai penuh, lakukan bacup data yang memiliki ukuran yang besar kedalam laptop. bukan hanya membuat pembacaan data menjadi lambat, namun jika kartu memory penuh ternyata juga bisa menyebabkan terjadinya korup/kerusakan data.

8. Sediakan software/aplikasi recovery untuk jaga-jaga

Sebaiknya ada sediakan software/aplikasi untuk berjaga-jaga jika nanti kartu memory anda mengalami kerusakan atau tiba-tiba data yang ada didalam kartu memori hilang entah kemana, nantinya software/aplikasi ini akan anda gunakan untuk memperbaiknya.

Demikian cara merawat card reader atau memory card agar tidak cepat rusak. Jadi jangan abaikan lagi memory card dan tetap rawat agar awet selalu. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga :

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "8 Tips Merawat Memory Card Agar Tidak Cepat Rusak"

Post a Comment