05 May 2018

Amankan Akun Gmail ! Hindari 9 Jenis Password Lemah Berikut Ini


Salah satu cara mengamankan akun gmail atau email kita adalah dengan cara menggunakan password yang kuat. Apa yang membedakan strong password dengan weak password? Bagaimana jika menggunakan kombinasi huruf dan angka? Bagaimana jika mensubstitusikan diantara keduanya? Apakah hal ini bisa meningkatkan daya tahan password? Jawabannya ‘ya’. Pada dasarnya password yang lemah identik dengan mudah ditebak bahkan dalam waktu yang relatif singkat, dikatakan mudah ditebak karena memiliki pola, terstruktur, dan dapat dibaca.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini contoh password yang dikategorikan kedalam password lemah yang perlu di hindari untuk mengamankan akun gmail :

1. Default password
Umunya diberikan langsung oleh vendor terhadap sistem. Defalut password harus segera diubah setelah proses instalasi sistem. Contoh default password: password, default, admin, guest, user01, user02, student, dsb.

2. Kata-kata pada kamus yang jarang diucapkan
misalnya : kadal, buduk, bangkong, langitbiru, fenomena, dsb.

3. Kombinasi huruf dan angka sederhana
misalnya : milenium2000, password7, angka1234, limebelas15.

4. Kata-kata yang umum dikacaukan
misalnya : p@ssw0rd, l33th4x0r, g0ldf1sh, dsb. Kata-kata demikian masih tergolong sederhana dan mudah terbaca, program cracking mampu mensubstitus huruf dan angka.

5. Kata berganda
misalnya : whitewhite, lovelove, mousemouse, dsb.

6. Deretan karakter umum
misalnya : qwerty, 12345678, hijklmn, vwxyz, dsb

7. Deretan angka yang umum
misalnya : 911, 90210, 314159 (pi), dsb

8. Identifier
misalnya : ferisulianta123 (nama, nama depan, nama tengah, nama belakang), 7/1/1976 (tanggal lahir), 022-6777234 (nomor telepon), alamat, dsb

9. Hal lain yang personal dan terelasi dengan pengguna
misalnya : nama binatang peliharaan, hobi, benda kesayangan, pacar, dsb.

Unsur-unsur yang melemahkan password sangat beragam,meskipun kuat berdasarkan pilihan karakter yang digunakan, tetapi belum tentu kuat jika ditanyakan ke orang-orang yang mengenal Anda dengan baik. Contoh kata sandi yang rumit misalnya: P0k3M0n (baca: pokemon ) yang adalah film kartun kesukaan kamu, meskipun kuat secara struktur karakter penyusunnya berdasarkan program password checker, teman kamu dapat menebaknya dengan mudah.

Tidak mudah membuat password yang memiliki ketahanan yang baik. Intinya password harus memiliki tingkat entropi yang tinggi, dan ini dimungkinkan dengan pemilihan acak.

Password kategori random tidak dikombinasikan dengan informasi personal pengguna. Dengan demikian password tidak akan berpola dan tidak mungkin terbaca/ditebak oleh orang yang pintar sekali pun. contoh kata sandi yang sulit banyak sekali dan kamu dapat mengkombinasikan dari angka, huruf bahkan simbol misalnya adA@p4562

Saat ini orang-orang punya banyak sekali akun, terutama akun sosial media maka dari kamu harus tahu kata sandi fb yang aman agar tidak mudah untuk di bobol. Nah, keamanannya perlu dijaga dengan memilih password yang baik, bukan password yang lemah.

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "Amankan Akun Gmail ! Hindari 9 Jenis Password Lemah Berikut Ini"

Post a Comment