07 May 2018

Bingung Memilih Printer ? Inilah Tips Membeli Printer Untuk Mahasiswa dan Rumahan

tips membeli printer

Ini informasi penting yang bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih foto printer digital skala personal bagi kamu yang sering banged mencetak menggunakan printer. Supaya kamu tidak salah beli printer, ini yang harus kamu perhatikan sebelum membeli:


1. Support Kamera Digital : photo printer dengan slot yang mendukung ragam jenis memory card yang umumnya digunakan pada kamera digital. Dengan demikian kita dapat mencetak  foto secara langsung dari kamera tanpa harus terkoneksi dengan komputer. Jika memang ingin menggunakan komputer, kamera dapat dikoneksikan ke komputer via port USB, simpan file image pada harddisk, lakukan pengeditan dan cetak via komputer.

2. Teknologi printer : Ada dua teknologi photo printers yaitu dye sublimation dan teknologi inkjet. Keduanya mampu menghasilkan image yang mengagumkan, tetapi ada beberapa pembeda mendasar diantara keduanya :
  • Dye sublimation printer  : menggunakan panas  untuk menguapkan hingga meninggalkan ‘dye’ yang kemudian meresap pada permukaan kertas foto. Printer ini me coating untuk melindungi foto agar tidak pudar, ketahanan akan kelembaban dan gesekan misalnya sidik jari. Banyak orang memilih penggunakan dye sublimation printers  karena kemampuannya dalam memproduksi foto yang realistik..
  • Inkjet printer  : membentuk image pada kertas foto dengan banyak menggunakan tinta yang disemprotkan dari cartridges. Printer jenis ini sangat populer karena faktor harga yang relatif murah
Tips : jika anda menggguankan printer hanya untuk mencetak beberapa foto, dye sublimation printer dapat dijadikan piliha.  Tetapi jika anda mengguankannya untuk mencetak banyak sekali foto, anda dapat menggunakan printer inkjet saja.

3. Resolusi : Semakin tinggi resolusi semakin baik image cetak. Misalnya saja image dengan resolusi 300 dpi (dots per inch) akan lebih baik dibandingkan 200 dpi. Dye sublimation photo printer umumnya menawarkan resolusi 300 dpi, sedangkan inkjet printer memiliki fitur dukungan resolusi 1200 sd 9600 dpi. Meskipun demikian ini tidak berarti bahwa printer inkjet lebih baik dengan Dye sublimation photo printer. Resolusi tidak dapat dijadikan patokan pembanding antara dye sublimation dan inkjet printer. Dapat dikatakan bahwa dye sublimation print dengan 300 dpi sama baiknya bahkan lebih baik dari  printer inkjet 4800 dpi..

4. Portabilitas : Beberapa printer dapat dinyalakan menggunakan batere, dengan demikian printer akan semakin portabel untuk dibawa dan digunakan dimanapun.

5. Kemampuan Editing : Beberapa printer memiliki kemampuan untuk digital photo editing, printer demikian umumnya memiliki built-in color LCD screen. Beberapa fitur lainnya yaitu : menambahkan tanggal dan waktu, menambahkan teks, meng cropping, meningkatkan kualitas image, dsb.
6. PictBridge direct printing : memampukan kompatibilitas printer dan kamera dengan berbagai merek yang berbeda terhubung via USB untuk dapat terkoneksi dengan  baik tanpa harus yerintergrasi dengan perangkat komputer USB connection.

7. Ukuran media Cetak  : Memaksudkan dukungan terhadap ukuran kertas foto, printer yang menggunakan ukuran kteras lebih besar pasti membuat printer lebih berkemampuan untuk mencetak ragam ukuran.

8. Cost of paper and ink :  Dye sublimation photo printer umunya menggunakan kertas khusus dan ink cartridge spesifik pula. Hingga hasil yang didapat pun memiliki warna yang sangat baik dan memiliki tingkat akurasiu juga ketahanan media cetapi biaya yang dikeluarkan akan berbandig lurus kedang kualitasnya. Jika diperuntukan untuk mencetak banyak foto, inkjet printer dapat dijadikan alternatif karena ekonomis.

9. Kecepatan Printing : Printer inkjet memiliki rata-rata kecepatan cetak antara 20 detik hingga 1 menit atau lebih, bergantung pada kualitas setting cetak  dan banyaknya  ink nozzles pada printer head.

10. Wireless network printing : beberapa model printer terbaru memiliki fitur built-in WiFi dan Ethernet Card yang memungkinkan banyak pengguna yang terkoneksi ke jaringan mampu mengaksesnya.

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "Bingung Memilih Printer ? Inilah Tips Membeli Printer Untuk Mahasiswa dan Rumahan"

Post a Comment