14 June 2018

5 Profesi Ini Bisa Jadi Pilihan Kamu Mendapatkan Uang Dari Internet, Berani Coba ?

Mungkin kita sudah sangat sering dan paham tentang arti entepreneur. Tapi bagaimana dengan internetpreneur? Internetpreneur mungkin sebuah istilah yang baru muncul di masa ketika internet sudah menjadi sebuah “ladang” yang bisa kita olah menjadi sumber mata pencaharian utama kita. Ketika berbicara tentang internetprenueur kita tidak akan hanya berbicara tentang para youtuber kondang seperti Bayu Skak, Wahyu Aditya atau Raditya Dika. Atau berbagai OL Shop yang tergabung di Bukalapak, Lazada dan situs marketplace lain yang kini semakin banyak. Seperti saya istilahkan di atas, bagi para internetpreneur, internet ibaratnya sebuah ladang dimana kita bisa mengolahnya dan menjadikan sumber pendapatan utama dengan berbagai cara. Siapa sih yang nggak ingin kerja non kantoran, bisa di rumah bisa di cafe tapi penghasilannya lumayan ? Berikut ini adalah beberapa jenis profesi yang bisa kamu lakukan jika ingin menjadi internetprenur.



1. Youtuber

jadi youtuber

Ini mungkin adalah internetpreneur paling populer saat ini. Selain karena semakin banyaknya orang yang memilih menonton youtube daripada televisi, sudah banyak pelakunya yang jadi terkenal dan bisa kita ikuti jejaknya. Tapi seiring dengan semakin banyaknya youtuber yang ada, semakin sulit pula persyaratan yang harus dipenuhi untuk monetisasi atau mendapatkan penghasilan dari iklan. Untuk saat ini syarat untuk dapat melakukan monetisasi adalah memiliki subsciber sebanyak 1.000 dan jam tayang 4.000 jam dalam 12 bulan terakhir. Selain itu kamu juga harus memiliki akun google adsense aktif.

2. Online Shop

online shop
Banyaknya portal pasar atau marketplace yang ada saat ini membuka peluang bisnis online yang cukup besar. Hampir semua hal bisa kita bisniskan melalui online shop ini, mulai dari fesyen, elektronik dan barang bekas. Lebih mudah lagi adanya sistem dropship yang membuat kita bisa menjadi penjual tanpa harus memiliki barang secara langsung.

3. Web Developer

web dev
Bila kamu merasa memiliki banyak materi informasi, opini atau hal-hal menarik lainnya kamu bisa menjadi internetpreneur dengan menggunakan situs web atau blog. Kamu bisa mendapatkan uang dengan cara memasang iklan di website kamu. Tentu saja website kamu harus memiliki pengunjung yang banyak untuk mendapatkan hasil yang banyak pula. Yang kamu butuhkan adalah materi menarik yang banyak. Untuk mendapatkan pemasang iklan di web kamu kamu bisa menautkan dengan program periklanan seperti adfly atau google adsense. Untuk google adsense dianjurkan kamu menggunakan yang non-hosted, tetapi website kamu harus termasuk top level domain dan tidak bisa sekerdar blog.

4. Kontributor Kreatif

kontributor
Bila kamu adalah seorang pekerja kreatif seperti desainer grafis, videografer atau animator kamu bisa menjadi kontributor untuk portal marketplace kreatif seperti shutterstock, freepik, videoblock dan sejenisnya. Memang karya kamu akan berjajar di etalase website bersama karya-karya milik kreator global. Tapi jangan khawatir karena banyak para pekerja kreatif dari Indonesia yang juga telah malang melintang di dunia ini dan sukses bersaing. Yang harus kalian siapkan selain kreatifitas dan skill adalah akun pembayaran online seperti paypal dan payoneer.

5. Pengikut Kontes Kreatif

ikut kontes
Banyak creative project yang bertebaran di portal-portal kreatif marketplace seperti eyeka, designcrow, 99design, userfarm, tongal dan lain-lain. Situs-situs ini menawarkan berbagai pekerjaan kreatif mulai dari fotografi, desain grafis, ide kreatif, video hingga animasi yang dikemas dalam bentuk kontes. Bedanya dengan kontributor kreatif adalah di sini kita mencoba bersaing untuk memenuhi kebutuhan perusahaan-perusahaan multinasional besar seperti Coca-cola, Samsung, Dulux, Toyota dan lain-lain. Memang lebih berat dari sekedar menjadi konten kreator tetapi hasil yang kita dapatkan juga jauh lebih besar. Yang kita butuhkan juga sama yaitu akun pembayaran online seperti paypal dan payoneer.

Itu tadi berbagai pekerjaan internetpreneur yang bisa kamu coba lakukan. Dengan ketekunan dan semangat yang tinggi banyak orang yang telah mampu menjadikan profesi internetpreneur sebagai profesi utama mereka dan telah mampu meraih kesuksesan baik dari segi finansial maupun profesionalisme. Jadi jika kamu berminat, tunggu apa lagi sekarang adalah saat yang tepat untuk memulai. Jika kamu punya saran atau pengalaman yang bisa dibagikan silahkan tulis di komentar.

sumber gambar : lendcreative.com (2)

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "5 Profesi Ini Bisa Jadi Pilihan Kamu Mendapatkan Uang Dari Internet, Berani Coba ?"

Post a Comment