13 June 2018

Kenapa Jaringan AXIS Lemot Padahal 4G ?

4g lemot

Kehadiran LTE telah mengguncang dunia internet Indonesia. Salah satunya adalah kemampuan maksimalnya yang mampu mencapai kecepatan 100mbps, sungguh sebuah peningkatan yang menggiurkan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, HSPA yang hanya mampu mencapai kecepetan maksimal 56 mbps. Pendapat itu tidaklah salah karenamemang itulah kecepatan maksimal dari koneksi LTE yang juga kita kenal sebagai 4G ini. Yang salah adalah kalau kita berpikir bahwa kita pasti akan mendapatkan koneksi dengan kecepatan maksimal itu. Kenapa demikian? Ada beberapa faktor yang menyebabkan kecepatan koneksi kita walaupun di jaringan LTE lebih rendah daripada HSPA padahal smartphone kita sudah support 4G LTE.


1. Area penyebaran yang belum merata

Seperti kita ketahui LTE adalah sebuah teknologi baru dimana setiap operator atau penyedia layanan telekomunikasi seluler juga harus melakukan penyesuaian teknologi. Dan dengan luasnya wilayah Indonesia kita ini maka proses itu tidak akan bisa serta merta dilakukan. Perlu waktu yang relatif lama untuk dapat meratakan teknologi LTE di menara-menara BTS di seluruh Indonesia. Hal tersebut berbeda dengan teknologi HSPA yang sudah lebih dulu diadopsi oleh operator seluler kita. Itulah mengapa kemudian sinyal HSPA menjadi lebih stabil dan kadangkala lebih kuat dan cepat.

2. 4G smartphone kamu berbeda frekuensi

Hal ini biasanya terjadi pada smartphone yang diproduksi tidak untuk pasar Indonesia. Misalnya smartphone bekas yang sebelumnya diperuntukkan pasar Jepang, Amerika dan Korea. Terdapat perbedaan frekuensi jaringan yang akan menjadikan konektifitas smartphone kamu tidak mencapai kecepatan yang seharusnya. Kadang-kadang smartphone dari luar negeri ini menampilkan indikator koneksi 4G padahal sebenarnya hanya terkoneksi di jaringan EDGE karena tidak support pada jaringan 3G frekuensi Indonesia.

Jika kamu adalah salah satu yang mengalami kejadian ini maka jangan khawatir karena seiring perkembangan waktu pastilah para operator seluler akan mampu melakukan penyesuaian teknologi secara merata hingga kecepeatan koneksi LTE akan menjadi semakin maksimal dan stabil. Apalagi LTE adalah salah satu karya anak bangsa kita sendiri sehingga biaya lisensi penggunaannya juga tidak akan terlalu mahal. Paling tidak keuntungan dari biaya koneksi atau kuota yang lebih murah daripada jaringan 3G cukup bisa memberi senyum pada kita.

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "Kenapa Jaringan AXIS Lemot Padahal 4G ?"

Post a Comment