27 August 2018

Inilah Pengertian, Manfaat dan Macam-Macam Jaringan Komputer Lengkap

pengertian jaringan komputer

Radio, televisi, telepon sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Dengan semakin pesatnya pertumbuhan teknologi, peran internet menjadi lebih besar dalam kehidupan masa kini. Dengan internet, informasi menjadi lebih cepat di terima oleh banyak orang, bahkan jika orang tersebut tinggal yang sangat jauh orang tersebut tetap dapat mendapatkan info hanya dengan internet saja.

Internet adalah salah satu bentuk jaringan komputer yang sampai saat ini masih digunakan oleh semua orang untuk mempermudah aktivitas mereka, baik itu berkomunikasi, jualan online dan lain-lain. yang akan kami bahas disini bukan tentang internet namun tentang jaringan komputer. tahukah anda tentang pengertian jaringan komputer dan apa sih manfaat yang bisa kita dapat dari jaringan komputer tersebut ?

1. Pengertian Jaringan Komputer

Kata "jaringan komputer" tentu tidak asing di telinga kita, mengingat hampir tiap hari kita selalu menggunakan jaringan komputer dalam melakukan pekerjaan. Jaringan komputer sendiri adalah sebuah sistem yang terdiri dari minimal dua komputer atau lebih dimana saling terhubung atau terkoneksi satu sama lain melalui sebuah media transmisi sehingga dapat berbagi data satu dengan yang lain, saling berbagi aplikasi ataupun berbagai perangkat keras komputer.

Tujuan dari jaringan komputer dibuat ialah supaya data atau informasi yang dibawa pengirim dapat sampai kepada penerima dengan akurat dan tepat. Jaringan komputer juga memungkinkan pengguna bisa melakukan komunikasi satu sama lain dengan lebih mudah. Jaringan komputer juga dibutuhkan untuk mengintegrasi data-data antar unit komputer atau client sehingga didapatkan suatu data yang relevan.

2. Manfaat Jaringan Komputer

Setelah membahas tentang pengertian jaringan komputer maka kali ini kita akan sedikit mengulas tentang manfaat dari jaringan komputer itu sendiri. Beberapa manfaat jaringan komputer, antara lain :
  1. Dengan jaringan komputer proses pengiriman data lebih cepat dilakukan dan lebih efisien.
  2. Mambantu pengguna untuk dapat terhubung dengan orang lain dari berbagai negara dengan sangat mudah.
  3. Dapat mengakses banyak data atau file yang kita miliki dengan orang lain.
  4. Pengguna bisa mengirim berbagai jenis data seperti teks, gambar ataupun video dengan real time dengan menggunakan jaringan komputer.
  5. Dapat mengakses ribuan informasi dan berita terbaru dengan sangat mudah melalui internet, sudah pasti karena internet merupakan salah satu bentuk kecangihan jaringan komputer.
  6. Dapat berbagi perangkat keras seperti printer sehingga dapat digunakan oleh banyak orang yang terhubung dengan jaringan komputer.

3. Macam-macam Jaringan Komputer

Secara umum ternyata jaringan komputer dapat dikelompokkan menjadi 5 kategori yaitu berdasarkan media transmisi data, jangkauan geografis, distribusi sumber informasi, hubungan komputer dalam memproses data dan berdasarkan jenis topologi jaringan yang dipakai. Berikut ulasan lengkapnya.

A. Berdasarkan Media Transmisi Data

media transmisi jaringan komputer
1. Jaringan Kabel (Wired Network)

Media transmisi data yang digunakan dalam jaringan ini tentu saja menggunakan kabel. Kabel tersebut berfungsi untuk menghubungkan atau mengkoneksikan antar komputer sehingga saling terhubung satu dengan yang lain. Contoh media transmisi jaringan kabel adalah kabel UTP.

2. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

Jaringan ini menggunakan gelombang gaib yaitu berupa gelombang elektromagnetik sebagai media transmisi. Jaringan nirkabel tentu sangat berbeda dengan jaringan kabel dimana masing-masing komputer terhubung dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai perantaranya. Contohnya adalah seperti hotspot yang ada di kafe-kafe.

B. Berdasarkan Jangkauan Geografis

pengertian lan
1. Local Area Network (LAN)

LAN merupakan jaringan komputer yang mencakup daerah yang sangat kecil, contohnya warnet, kantor atau sekolah. Arena jaringan LAN tidak jauh dari 1 Km.

2. Metropolitan Area Network (MAN)

MAN merupakan jaringan komputer yang lebih luas dari LAN yang biasanya mencakup satu kota. Bisa dikatakan bahwa MAN merupakan gabungan dari jaringan LAN yang saling terkait. Cakupan MAN sekitar 10 sampai 50 Km.

3. Wide Area Network (WAN)

WAN merupakan jaringan komputer yang mencakup geografis yang sangat luas bisa sebuah negara bahkan benua.

C. Berdasarkan Distribusi Informasi atau Data

jaringan client server
1. Jaringan Terpusat

Pada model ini jaringan terdiri dari komputer client dan komputer server yang mana server menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh komputer client. Sebuah server harus memiliki spesifikasi yang tinggi melebihi client.

2. Jaringan Teristribusi

Jaringan pada model ini merupakan gabungan dari beberapa jaringan terpusat sehingga bisa terdapat lebih dari satu komputer server dan client yang saling terhubung sehingga jaringan menjadi lebih kompleks.

D. Berdasarkan Hubungan Komputer dalam Memproses Data

jaringan terpusat
1. Jaringan Client Server

Model ini terdiri dari komputer client dan komputer server dimana tugas server melayani banyak client dan menyediakan data yang dibutuhkan oleh client.

2. Jaringan Peer to Peer

Dalam model ini semua komputer yang terhubung dapat menjadi server ataupun client.

E. Berdasarkan Topologi Jaringan yang Dipakai

topologi star

Ada banyak topologi yang bisa digunakan dalam jaringan komputer seperti topologi star, bus, tree, mesh, dan lain sebagainya.

Demikian artikel tentang pengertian jaringan komputer beserta manfaat dan juga macam-macam jaringan komputer. Semoga bermanfaat.

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "Inilah Pengertian, Manfaat dan Macam-Macam Jaringan Komputer Lengkap"

Post a Comment