01 September 2018

Kisah Jack Ma, Dulu Sering Diremehkan Kini Menjadi Orang Terkaya di China

kisah jack ma

Tidak ada yang tahu kapan nasib akan berubah, bocah kecil yang lahir dari latar keluarga kurang mampu itu kini menjadi orang terkaya di negeri china. Tidak ada juga yang menyangka jika orang ini dulu selalu ditolak kerja sekarang menjadi pengusaha top dan sukses di perusahaan e-commerce top dunia yaitu Alibaba. Siapa lagi kalau bukan Jack Ma, dialah sang pengusaha berjiwa revolusioner.

Jack Ma lahir pada 10 September 1964 di salah satu provinsi di China yaitu Hangzhou. Beliau lahir dari keluarga yang kurang mampu yang menjadi korban dari revolusi kultural di China. Tapi beliau tidak pernah kehabisan akal. Lihat saja bagaimana cara beliau belajar bahasa inggris.

kata bijak jack ma


Setiap hari sepanjang tahun , Jack Ma dengan sukarela mengantarkan para turis tanpa dibayar alias gratis. Tapi uang bukanlah tujuan yang dia inginkan. Jack Ma sengaja mengantar para turis supaya beliau bisa mahir bahasa inggris dari mereka. Jack ma mengatakan

Setiap hari selama lima tahun, saya menawarkan jasa guide secara gratis dan mereka mengajari saya bahasa inggris.


Ketika beliau menginjak remaja, Jack Ma pun ingin menempuh pendidikan di universitas, tapi kampus yang hendak beliau masuki ternyata menolaknya, bahkan beliau 10 kali ditolak oleh salah satu universitas paling top di dunia yaitu Harvard University. Tidak hanya itu, perjalanan karir Jack Ma pun penuh dengan lika liku. Semua orang seperti menutup pintu untuknya.

Selama tiga tahun, saya mencoba mencari universitas, saya juga mencoba melamar pekerjaan. 30 kali dan semuanya ditolak. Bahkan untuk menjadi pelayan di KFC saja saya ditolak. Ada 34 orang yang melamar, dan 33 orang diterima, cuma saya yang ditolak.

Namun akhirnya Jack Ma menemukan tempat untuk mendapatkan penghasilan, beliau diterima untuk menjadi guru sekolah dimana saat itu beliau digaji USD 10 per bulan.

Singkat cerita ketika tahun 1995 dimana internet mulai dikenal, Jack Ma punya ide revolusioner untuk mengembangkan sebuah pasar online yang kemudian terbukti menjadi perusahaan terbesar di China bahkan di dunia.

Tidak ada seorang pun yang percaya bahwa saya dapat berhasil. Karena semua orang berkata bahwa saya ini orang yang aneh, punya pikiran yang berbeda. Mereka tidak percaya ketika saya mengutarakan ide untuk melakukan sesuatu hal dengan internet.

Mereka bilang "ini ide bodoh kan? Kita tidak pernah mendengar tentang internet dan kamu pun tidak tahu apa-apa soal komputer." tambah Jack Ma menirukan ucapan teman-temannya.

Beliau tidak menyerah, bahkan ketika usahanya bangkrut. Jack Ma berhasil meyakinkan teman-temannya untuk berinvestasi mengembangkan bisnis itu.

alibaba


Dan kini prediksi Jack Ma benar. Beliau berhasil membuat Alibaba menjadi top perusahaan paling sukses di dunia. Bahkan disebut bahwa Alibaba memiliki nilai yang melebihi Facebook.

Saya cuma ingin kerja, tapi karena tidak dapat maka saya yang ciptakan pekerjaan itu.

Mungkin itulah Kata bijak jack ma yang dulu banyak melalui masa-masa yang sulit.

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "Kisah Jack Ma, Dulu Sering Diremehkan Kini Menjadi Orang Terkaya di China"

Post a Comment