12 November 2018

Kenapa HP Xiaomi Murah dan Laku di Indonesia? Ternyata Ini Penyebabnya

kenapa hp xiaomi murah

Smartphone besutan Xiaomi nyaris semuanya ditawarkan dengan harga yang murah. Murah dalam urusan ini maksudnya ialah sebuah ponsel dengan spesifikasi tertentu ditawarkan dengan harga yang lebih tercapai dibanding smartphone dari vendor lain dengan spesifikasi sama.

Contohnya, smartphone dari vendor lain dengan spesifikasi SoC Snapdragon 425, RAM 2GB, ROM 32GB, layar 5 inch HD ditawarkan dengan harga 1,5 jutaan sampe 2 juta. Tapi Xiaomi, malah menjualnya dengan harga yang lebih rendah dari 1,5 juta. Ponsel Xiaomi yang dimaksud ialah Xiaomi Redmi 5A yang dibanderol dengan harga Rp 999.000.

Contoh lainnya ialah Xiaomi Mi A1 yang di jual pada kisaran harga Rp 3,1 juta. Malah ada promo dari Xiaomi sendiri yang memasarkan Xiaomi Mi A1 dengan harga Rp2,999.000. Ponsel Xiaomi Mi A1 ini mengangkat layar 5,5 inch Full HD, Snapdragon 625, ROM 64GB, RAM 4GB. Dengan spesifikasi yang sama atau nyaris sama, produk dari vendor lain memasarkan dengan harga mendekati harga kisaran 4 juta bahkan lebih.

Apa yang dilaksanakan oleh Xiaomi sebenarnya dilaksanakan juga oleh vendor lokal di Indonesia. Hanya saja nilai brand vendor lokal tidak cukup kuat dan kualitasnya diragukan.Vendor asal Tiongkok ini menjadi pembicaraan hangat di kalangan semua pecinta ponsel. Bahkan sebutan “The Next Apple” pada Xiaomi membuat banyak orang semakin tetarik pada Xiaomi.

Ada 6 alasan yang membuat harga hp Xiaomi lebih murah daripada hp samsung atau dari vendor lain dengan spesifikasi yang sama. Yuk simak!



Inilah 6 Alasan Kenapa HP Xiaomi Murah

1. Punya Toko Fisik Sendiri

mi store xiaomi

Untuk mengekspansi pasar, Xiaomi pun perlu memasarkan secara konvensional alias tidak mengandalkan online. Karena itulah, Xiaomi membuat toko fisik milik sendiri yang disebut Mi Store. Kehadiran Mi Store ini tentu akan memangkas ongkos distributor dan ongkos reseller yang efeknya dapat membuat harga hp Xiaomi tetap murah dan stabil.

2. Paket Penjualan Minus Headset

Buat mereka yang sudah melakukan pembelian hp pintar dari Xiaomi tentu tahu bila dalam paket penjualan, Xiaomi tidak menyertakan headset. Tidak seperti vendor lain yang memang sering mencantumkan headset ke dalam paket penjualan mereka. Xiaomi lebih memilih tak menyertakan headset dan tidak mempedulikan pembeli memilih headset yang mereka hendak pilih. Ketiadaan headset ini pun menjadi alasan kenapa harga hp Xiaomi dapat ditekan dan menjadi murah.

3. Kerjasama Strategis dengan Qualcomm

snapdragon

Hampir seluruh hp besutan Xiaomi dibekali dengan SoC Snapdragon. Ternyata pemakaian SoC Snapdragon ini terdapat alasannya. Xiaomi ternyata menjalin kerjasama yang strategis dengan pembuat SoC Snapdragon, Qualcomm. Berkat kerjasama ini, Xiaomi dapat mendapatkan SoC Snapdragon yang lebih murah.

Kabarnya, Xiaomi ialah pembeli SoC Snapdragon terbesar di dunia. Tampaknya Xiaomi memang menjanjikan penjualan ponsel yang besar untuk Qualcomm. Karena inilah harga ponsel Xiaomi dapat lebih murah daripada samsung atau merk lain.

4. Keuntungan Sedikit, Penjualan Banyak

penjualan xiaomi

Xiaomi dan Apple sama-sama familiar dan sama-sama mempunyai fans garis keras. Tapi jalan yang ditempuh Xiaomi dan Apple berbeda. Apple memasarkan produk-produknya dengan harga tinggi sebab mereka memang menggali keuntungan besar dengan mengedepankan nilai jual yang lebih dari pesaing. Sementara Xiaomi malah menjual produknya dengan harga murah.

Target pasar Xiaomi yang menyasar menengah ke bawah jadi alasan tersendiri. Dengan target pasar yang telah jelas, Xiaomi mendapat deviden yang sedikit. Tapi deviden yang tidak banyak ini tidak membuat rugi banyak, sebab Xiaomi dapat menjual hp besutan mereka dengan jumlah yang sangat banyak.

5. Pandai Melihat Peluang Pasar

Xiaomi merupakan vendor smartphone yang pintar dalam melihat peluang di pasar smartphone. Mereka dapat membaca pasar dengan baik. Contohnya ketika vendor besar berekspansi ke negara lain, Xiaomi konsentrasi pada negara yang memang sangat berminat dengan produknya, seperti Indonesia dan India. Tidak aneh, jika Xiaomi terus “menggempur” Indonesia dengan produk-produk hp murah miliknya.

6. Pemasaran Produk Secara Online

kenapa xiaomi bisa murah

Xiaomi tentu melakukan pendekatan pemasaran yang kekinian, yaitu dengan media online. HP Xiaomi sangat populer di ranah maya. Xiaomi tidak terlalu fokus promosi di media konvensional. Tentu saja promosi di media konvensional membutuhkan ongkos atau biaya yang cukup tinggi. Karena itulah Xiaomi lebih memilih fokus penjualan secara online.

Tengok saja perbedaan harga hp Xiaomi yang dibeli secara online dan yang dibeli dari konter hp. Perbedaannya dapat sampai Rp 200 ribu.

Nah itulah beberapa asalan kenapa hp xiaomi harganya murah di pasaran khusunya di Indonesia. Dengan strategi Xiaomi pada hal-hal tersebut, Xiaomi dapat dipastikan mampu bertahan dalam jangka waktu lama guna terus menghadirkan ponsel pintar dengan harga murah.

Sumber : carisinyal.com

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "Kenapa HP Xiaomi Murah dan Laku di Indonesia? Ternyata Ini Penyebabnya"

Post a Comment