24 December 2018

5 Peristiwa Heboh di Ranah Teknologi Tahun 2018

aplikasi android

Tahun 2018 memang penuh kejutan. Beberapa aplikasi dan game tahun ini hadir dengan membawa kehingar-bingar-an. Ada berbagai aplikasi yang cukup mengejutkan, mulai dari perang raksasa Google dan Amazon, game Fortnite dan PUBG yang sangat fenomenal di kalangan muda-mudi hingga TikTok yang cukup digemari beberapa kalangan, ya walau kontroversial serta sempat di blokir oleh Kominfo.

Dibalik aplikasi yang hadir membawa berbagai kejutan, disana ada berbagai aplikasi dan game yang membawa kontroversi dan kehebohan, apa saja? yuk simak.


1. Facebook-Cambridge Analytica

Apakah kamu pengguna aktif atau membuat Facebook agar bisa mendaftar di aplikasi lain, apapun itu intinya kamu punya Facebook. Facebook tahun ini cukup menggegerkan dunia, karena di tahun ini, Facebook menggemparkan bukan karena prestasi, melainkan dengan skandal pelanggaran jutaan privasi penggunanya untuk kepentingan politik. Dampaknya, bos Facebook harus menghadapi berbagai macam tuntutan.

2. Fortnite

fortnite game

Fortnite adalah game battle royale terbaik seperti PUBG. Berbeda dengan PUBG, Fortnite tidak merilis game miliknya di Playstore, tapi di website resmi miliknya, Epic games. Fortnite enggan merilis di Playstore karena ada masalah pembagian keuntungan dengan pihak Google.

Karena dirilis di luar Playstore, maka Fortnite disebut memiliki banyak ancaman Malware dan diluar sana banyak sekali ditemukan game Fortnite palsu, hati-hati. Tak hanya itu,Fortnite juga berseteru dengan PUBG soal pelanggaran konten.

3. Perang Google dan Amazon

Google dan Amazon memang sudah lama berseteru, seperti di akhir tahun 2017, Google menarik aplikasi YouTube dari semua perangkat Amazon Fire.

Di tahun 2018, Google kembali bersitegang dengan amazon yaitu membuat YouTube terlihat cukup buruk di mesin pencari Amazon, Amazon Silk Browser. Akibatnya, Amazon berhenti menjual produk-produk Google.

Sampai kapan mereka akan terus berseteru?


4. Google Menghentikan Beberapa Aplikasinya

google hangouts

Raksasa Google lagi-lagi masuk list, tapi bukan karena perseteruan,melainkan karena beberapa aplikasinya tidak diminati orang-orang.

Pertama Google Hangout, aplikasi pesan instan Google yang mungkin dibuat untuk menyaingi iMassage dan WhatsApp. Google tahun ini mengumumkan bahwa umur aplikasi hangout tidak lama lagi, mereka akan menutup aplikasinya tersebut.

Aplikasi kedua adalah Google Allo. Google Allo juga aplikasi pesan instan milik Google yang akan dihentikan operasinya oleh Google akibat kurangnya minat pengguna atas aplikasi ini.

Selanjutnya adalah Google+ yang akan dihentikan operasinya tahun 2019. Tahun 2018 yang buruk bagi beberapa aplikasi Google.


5. TikTok

aplikasi tiktok

TikTok, startup yang secara finansial, jumlah pengguna dan kepopuleran, mereka cukup berhasil tahun ini. Sebenarnya bukan aplikasi TikTok yang kontroversi, namun lebih kepada pengguna terutama di Indonesia yang mengarahkan ke arah yang buruk.

Aplikasi ini banyak digunakan oleh anak-anak dan remaja dibawah umur dan di dalamnya banyak konten pornografi, akhirnya TikTok di blokir oleh Kominfo, ya walaupun akhirnya di buka lagi oleh Kominfo.

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "5 Peristiwa Heboh di Ranah Teknologi Tahun 2018"

Post a Comment