24 December 2018

5 Sistem Operasi Smartphone yang Sering Digunakan

OS atau sistem operasi sendiri secara sederhana adalah sistem software yang mengorganisasikan hardware dengan software sehingga berjalan sebagaimana mestinya. Jika kamu pengguna smartphone, ponsel kamu menggunakan OS (operating System) Apa? Android atau iOS?.

Di dunia ini,ada cukup banyak OS, beberapa yang terkenal adalah Microsoft Windows, Android,Apple iOS,Linux,dan masih banyak lagi. Kalau di pasar smartphone rajanya adalah OS Android dan IOS, maka di pasar PC rajanya adalah MacOS, Windows serta Linux. Namun disini kita tidak akan membahas OS di PC melainkan kami membahas beberapa OS Smartphone yang banyak digunakan.

Penasaran dengan sistem operasi yang ada di smartphone? yuk simak.

1. Android

logo android

Siapa yang tidak tahu Android, sebagian besar orang Indonesia pasti menggunakan smartphone Android. Android adalah sistem operasi smartphone yang dikembangkan google dan sekarang berkembang menjadi OS yang paling banyak digunakan di smartphone. Android sendiri menghadirkan kustomisasi yang tinggi bagi pengguna smartphone.

Sejarahnya Android adalah OS yang berbasis Linux yang didirikan di California pada 2003 oleh Andy Rubin dan kawan-kawan dan pada 2005 Google mengakuisisi Android, memang strategi bisnis yang mantap dari Google,hingga sekarang cukup banyak pundi-pundi uang yang masuk dari Android.P ada tahun 2008, smartphone pertama ber-OS Android dirilis yaitu HTC Dream.

Hingga tahun 2018,se mua brand smartphone menggunakan Android kecuali iPhone. Untuk versinya, Android sudah memiliki 16 versi dan yang paling baru adalah Android Pie. Jadi sekarang sudah tahu kan sistem operasi smartphone android merupakan buatan siapa

2. iOS

logo ios
iOS atau iPhone OS adalah operating system buatan Apple yang hanya tersedia secara eksklusif pada hardware ciptaannya. iOS adalah OS terpopuler kedua setelah Android. Dirilis pada 2007 di iPhone generasi pertama,dan kemudian pada iPod dan iPad.S ama seperti Android, iOS juga telah hadir dalam berbagai versi dan yang paling terbaru adalah iOS 12.

IOS cukup berbeda dengan Android dalam hal kustomisasi,iO S membatasi kustomisasi dan antarmuka iOS juga lebih simpel.

3. Windows OS

Microsoft pernah meluncurkan smartphone berbasis Windows OS pada 2010-an dan sayangnya mereka tidak melanjutkan lagi produksinya. OS ciptaan Microsoft pertama kali hadir dalam smartphone pada tahun 2010 yaitu di ponsel Windows Phone 7 dan harus berakhir pada tahun 2015 dengan ponsel terakhir mereka yaitu Windows Phone 10.

4. BlackBerry OS

BlackBerry OS sama nasibnya dengan Windows OS, harus kandas dan tidak dilanjutkan lagi produksinya. Serupa dengan iOS, BlackBerry menghadirkan OS nya secara eksklusif pada hardware ciptaannya. OS dari Kanada ini bukan OS open source, mereka dirilis 19 tahun yang lalu tepatnya tahun 1999 dan berakhir pada 2013. Tapi sekarang mereka telah beralih ke Android,sudah move on.

5. Symbian OS

OS yang digunakan ponsel Nokia sebelum beralih ke Android adalah Symbian. Symbian diciptakan oleh Symbian ltd, Symbian foundation dan terakhir dikelola oleh Nokia pada 2010-2011. Symbian OS dirilis pada tahun 1997 dan harus berakhir ditahun 2012 karena kalah saing dengan IOS dan Android. Walau begitu, Symbian OS dulu pernah mengisi hari-hari melalui ponsel Nokia mu.

Saat pertama dirilis, Symbian OS bersifat closed-source dan kemudian berubah statusnya menjadi open-source.

sistem operasi yang digunakan pada handphone adalah lima OS di atas, selain itu ada beberapa OS lain seperti Tizen buatan Samsung,L ineage OS dan masih banyak lagi. Semua OS itu walau kelihatannya sama, namun mereka cukup berbeda, baik dari sifat, karakter, tampilan, tingkat keamanan dan lainnya. Lalu smartphone kamu sekarang menggunakan OS mana ?

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "5 Sistem Operasi Smartphone yang Sering Digunakan"

Post a Comment