23 December 2018

Sejarah Ponsel dari Masa Ke Masa, Inilah Bentuk Pertama Ponsel Genggam

Tidak seperti sekarang, ponsel sudah menjadi barang multifungsi untuk berbagai manfaat bagi penggunanya. Dahulu saat smartphone belum berhasil dikembangkan seperti sekarang, ponsel hanya bisa digunakan untuk berkirim pesan dan berbicara jarak jauh saja. Nah, untuk memperdalam pengetahuan kita tentang perjalanan kemajuan ponsel, Berikut ini adalah 7 ponsel pertama yang di produksi oleh berbagai vendor ponsel dunia. yuk simak



1. Nokia

sejarah nokia

Untuk merek yang satu ini, siapapun pasti setuju dengan pengaruhnya dalam perkembangan teknologi komunikasi. Bagi generasi 90-2000 an pasti pernah menggunakan produk-produk terbaik dari Nokia. Nokia adalah salah satu produsen telepon seluler yang bermarkas di Finlandia. Pada masa kejayaannya, Nokia sepertinya menjadi primadona bagi penggunanya. Ratusan bahkan mungkin ribuan seri sudah berhasil di kembangkan oleh Nokia, namun tahukah anda seperti apa ponsel yang pertama kali di keluarkan ? Nokia pertama kali mengeluarkan sebuah produk ponsel adalah pada tahun 1982.Walaupun sebelumnya nokia adalah perusahaan kayu, kemudian Nokia tertarik untuk menggeluti bidang teknologi komunikasi yang sudah mulai ramai pada waktu itu. Nama Ponsel tersebut adalah Mobira Senator, resmi rilis tahun 1982. Lihat bentuknya ! unik memang.

2. Samsung

ponsel pertama samsung

Perusahaan asal Korea Selatan ini resmi meluncurkan ponsel pertamanya yaitu Samsung SC 1000 pada tahun 1985. Samsung ingin bersaing dengan merek pendahulunya yaitu Nokia. Apabila dilihat dari bentuknya, ponsel ini lebih terlihat simpel dan modern. Untuk membuat ponsel ini, pihak samsung perlu 2 tahun untuk riset sebelum akhirnya mereka berhasil merilis untuk pertama kali. Pada mulanya, ponsel ini tidak cukup laku di pasaran dengan hanya 1000-2000 unit saja di jual.

Walaupun demikian, ponsel inilah yang menjadi cikal bakal digdayanya produk samsung hingga saat ini.


3. Motorola

ponsel pertama motorola

Kalau anda bertanya, nenek moyangnya telepon genggam sebenarnya siapa ? mungkin disini jawabannya. Motorola dipercaya sebagai Pioneer dari semua jenis telepon genggam hingga saat ini. Motorola sukses mengeluarkan ponselnya yang pertama pada tahun 1980, beberapa sumber menyatakan Motorola mengeluarkan produknya pada tahun 1983.

Ponsel ini mempunyai keunikan, yaitu beratnya yang mencapai 1,1 Kilogram dan berukuran panjang 23 sentimeter, mungkin sebesar batu bata. Keunikan selanjutnya adalah, ponsel ini hanya bisa digunakan untuk menelpon saja. Waktu penggunaanya hanya bisa bertahan sampai 1 jam. Berbanding terbalik dengan waktu pengisian battery yang memakan waktu hingga 10 jam. Ponsel pertama Motorola ini diberi nama Motorola Dyna Tac 8000x yang harganya sangat mahal, diperkirakan harganya mencapai 3,999 dolar atau lebih dari 50 Juta rupiah.

4. Blackberry

hp jadul blackberry

Hampir 20 tahun yang lalu, Blackberry pertama kali di luncurkan. Perusahaan yang berasal dari Kanada ini pertama kali menamai produknya dengan Research in Motion (RIM). Blackberry 850 pertama diperkenalkan kepada publik dalam suatu acara di Muenchen, Jerman pada tahun 1999. Perlu anda ketahui, perangkat ini pada mulanya bukan ponsel pada umumnya, Blackberry pada mulanya adalah sebuah alat semacam pager, yang hanya bisa digunakan untuk berkirim pesan saja. Lalu untuk pertanyaan mengapa diberi nama Blackberry ? jawabannya adalah pada papan ketik yang sangat identik, yang menyerupai buah Blackberry.

5. Sony Mobile Communication

hp sony langka

Sony yang pada saat itu masih berdiri sendiri dan belum bergabung dengan Ericsson, sempat mencoba untuk membuat ponsel namun produknya tak laku di pasaran. Akhirnya pada tahun 2001, Sony memutuskan untuk bekerjasama dengan perusahaan Ericsson dalam mengembangkan produk ponsel. Dan ponsel pertama Sony Ericsson merupakan handphone lipat dengan tipe C1002S.

6. Ericsson

ericson

Sebelum bergabung dengan Sony, Ericsson merupakan perusahaan telekomukasi yang pernah berjaya dengan beberapa ponselnya pada tahun 90-an. Namun, karena mengalami kerugian yang sangat besar, pada tahun 2001 Ericsson memutuskan untuk bergabung dengan perusahaan elektronik asal Jepang, Sony. Ponsel Ericsson pertama kali dirilis pada tahun 1996 dengan tipe Ericsson GA 628.

7. Apple Iphone

hp pertama apple

Walaupun iPhone tergolong ponsel yang paling baru dibanding merek lain, namun iPhone mampu menggebrak pasar dunia dengan teknologi canggih yang ia terapkan pada ponsel buatannya. Apple pertama kali merilis iPhone pada tahun 2007 dengan jaringan 2G. Di tahun peluncurannya, iPhone 2G mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat Amerika Serikat meskipun harganya jauh lebih mahal dibanding ponsel lain.

Referensi : yukepo.com

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "Sejarah Ponsel dari Masa Ke Masa, Inilah Bentuk Pertama Ponsel Genggam"

Post a Comment