10 October 2018

4 Mitos Penggunaan Smartphone yang Masih Dipercaya Sampai Saat Ini

mitos smartphone

Smartphone merupakan perangkat elektronik yang sangat bermanfaat di era millenial ini. Selain itu, harga 1 buah perangkat smartphone juga dijual dengan harga jutaan rupiah. Jadi tak heran jika banyak orang sangat berhati-hati dalam menggunakannya.

Demi menjaga perangkat smartphone agar tetap awet, membuat banyak pengguna mudah percaya akan hal-hal tentang smartphone. Banyak mitos yang tersebar mengenai hal-hal yang dilarang dilakukan agar smartphone tetap awat. Seperti mencharger seharian, menggunakan background hitam agar baterai awet dan yang lain sebagainya. Berikut ini beberapa mitos yang tersebar dan dipercaya oleh para pengguna smartphone. Berikut ulasannya.

1. Smartphone Hanya Boleh di-Charge dengan Menggunakan Charger Bawaan Pabrik

Sebenarnya pernyataan ini juga tidak salah namun juga tidak benar. Penyataan di atas merupakan salah tafsir oleh beberapa pengguna. Yap, pada dasarnya bukan masalah chargernya, melainkan masalah voltase dan watt lah memperngaruhi baterai.

Sederhananya, ketika Anda memiliki smartphone Xiaomi dan men-chargernya menggunakan charger Samsung, apakah itu aman? Tentu saja sangat aman, asalkan voltase dan watt yang dihasilkan charger Samsung sama dengan milik Xiaomi. Kalaupun berbeda sedikit, tidak masalah asal tidak dipakai dalam jangka panjang.

Jadi yang menjadi permasalahan bukanlah Chargernya, melainkan Voltase dan watt dari charger tersebut. Nah, ketika Anda ingin membeli charger baru, usahakan teliti dulu voltase dan watt nya. Ow ia satu lagi, jangan beli charger KW atau abal-abal. Hal ini dikarenakan spesifikasi pada charger dengan hasil nyatanya tidak sama.

2. Factory Reset akan Menghapus Semua Isi atau Data yang ada di Smartphone

Mungkin Anda pernah melakukan Factory Reset ketika akan menjual smartphone lama Anda atau mungkin hanya sekedar ingin mengembalikan kinerja smartphone layaknya smartphone baru. Tujuannya agar semua data yang ada di smartphone bisa terhapus sepenuhnya. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Hal ini dikarenakan data yang ada di smartphone Anda berstatus siap di overwrite alias siap diganti dengan data yang baru. Jadi jika Anda ingin sepenuhnya menghapus data pribadi di smartphone, Anda harus mengenkripsi smartphone.

3. Charging terlalu Lama akan Merusak Baterai

Mitos yang satu ini merupakan mitos yang paling umum yang beredar di masyarakat dan sangat dipercaya. Sering kali pengguna takut men-charger smartphone kesayanganya ketika tidur karena takut kelamaan dan merusak baterai smartphone.

Mitos yang satu ini memang tidak sepenuhnya benar, bukan berarti salah ya sob. Pada saat ini, perangkat smartphone sudah dilengkapi dengan teknologi pemutus daya ketika daya baterai sudah mencapai 100% sehingga tidak akan terjadi overcharger.

4. Wallpaper Warna Hitam dapat Menghemat Baterai

Mitos yang satu ini tergantung spesifikasi masing-masing smartphone. Jika smartphone Anda menggunakan layar LED, Amoled, atau OLED, maka mitos diatas memang benar. Pasalnya, layar tersebut tidak memerlukan daya baterai untuk memancarkan cahaya hitam untuk wallpaper. Namun sebaliknya, jika smartphone Anda menggunakan layar LCD . Mitos di atas adalah salah, hal ini dikarenakan layar LCD membutuhkan daya baterai untuk memancarkan cahaya hitam.

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "4 Mitos Penggunaan Smartphone yang Masih Dipercaya Sampai Saat Ini"

Post a Comment