24 April 2019

4 Cara Agar HP Android Aman dari Virus

trik android

Teknologi yang berkembang pesat dan maju sudah pasti diikuti dengan perkembangan keamanan digital yang pesat.Tahun ini,hampir tidak ada kasus besar yang meretas smartphone kamu,ya walaupun ada beberapa kasus penyalahgunaan data pengguna oleh Facebook.

Walaupun perkembangan keamanan cyber cukup pesat namun kamu harus tetap waspada atas berbagai celah keamanan yang sewaktu-waktu dapat mengancam mu.

Lalu apa yang harus kamu lakukan jika ingin smartphone mu tetap aman dari serangan virus atau malmware ? berikut beberapa diantaranya.

1. Tidak Menginstal Aplikasi Diluar Playstore

Memang diluar Playstore banyak sekali aplikasi dan game bagus, contohnya Fortnite. Tak hanya game,di luar Playstore juga banyak modifikasi game,dan berbagai hal lain. Namun kamu harus sangat berhati-hati, karena game dan aplikasi yang kamu download dari luar Playstore itu lepas dari pengawasan Google sehingga tingkat ancaman semakin tinggi. Install aplikasi diluar playstore tidak diajurkan karena bisa jadi ini merupakan penyebab hp kena virus

2.Tidak Mengkustom ROM Sembarangan

Banyak alasan penting kenapa kamu memilih mengkustomisasi ROM smartphone mu,salah satunya adalah untuk mempercepat pemrosesan ponsel itu sendiri.

Saat kamu meng-kustom ROM,maka kendali pabrik atas smartphone mu sama sekali hilang dan itu berdampak pada kerentanan peretasan.Bisa saja pihak pengembang menyelipkan sebuah program jahat di dalam paket kustom ROM. Jadi,hati-hati.

3. Cermat Saat Menggunakan WiFi Gratis

Ya saat kamu jalan-jalan entah kemana dan tidak ada kuota internet,maka kehadiran WiFi gratis layaknya oasis ditengah gurun.

Namun kamu harus hati-hati juga,bisa saja ada pihak nakal yang ingin mengintip data ponselmu melalui WiFi gratis tadi, akibatnya ya rugi,datamu bisa disalahgunakan.

4. Pindai Smartphone Secara Berkala

Walau beberapa pihak tidak menganjurkan untuk menginstal anti virus pihak ketiga karena memakan baterai berlebih dan sering muncul iklan yang tak diinginkan. Namun untuk berjaga-jaga,ini dianjurkan.

Zaman sekarang,para produsen smartphone sudah menyediakan anti-virus sendiri,jadi kamu tak usah download aplikasi pihak ketiga. Memindai smartphone secara berkala itu penting,ibarat kita dianjurkan check up di rumah sakit secara berkala. Pemindaian berkala dilakukan untuk mengetahui apakah smartphone kamu terjangkit virus.

Sumber gambar : mobilepro.com

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "4 Cara Agar HP Android Aman dari Virus"

Post a Comment