23 May 2018

Asal Usul Virus Komputer

asal usul virus komputer

Istilah Virus pertama kali dipublikasikan secara akademis oleh Fred Cohen pada tahun 1984 dalam karya tulis ilmiah. Tetapi jauh sebelumnya virus memang sudah ada sebagai program game yang dijalankan pada laboratorium komputer tertutup, yang pada kala itu dibuat oleh para ahli komputer untuk menguji skill diantara mereka. Virus komputer yang dibuat tidak boleh keluar dari lab komputer karena menyebarkan virus dikategorikan sebagai tindakan kriminal.


Setiap virus yang dibuat akan bersaing, memperbanyak diri dan saling menghancurkan satu sama lain.Virus yang tetap bertahan dan mendominasilah yang menjadi pemenangnya.

Dewasa ini, virus komputer mengacu pada program yang mampu mereplikasi dirinya sendiri dan menyebar dengan menduplikasi kode-kode virus ke file atau dokumen yang ditulari.

Baca Juga : Cara kerjanya identik dengan virus biologis pada umumnya, maka tidak heran penamaan virus komputer mengambil istilah biologi. Ciri utama dari virus komputer yakni virus membutuhkan file induk untuk ditulari sewaktu mereplikasi dirinya, hal ini yang membedakan virus komputer dengan program komputer perusak lainnya. File induk yang tertulari disebut host file.

Virus komputer memiliki kemampuan antara lain:
  1. Kemampuan mendapatkan informasi
  2. Kemampuan memeriksa file/dokumen
  3. Kemampuan mereplikasi diri
  4. Kemampuan menyembunyikan diri
  5. Kemampuan manipulasi

Virus komputer identik dengan virus biologis,berikut perbandingan diantara keduanya :
perbedaan virus biologis dan komputer

Sumber gambar : researchpedia.info

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "Asal Usul Virus Komputer"

Post a Comment