16 May 2018

Cara Memperbaiki RAM Rusak

memperbaiki ram rusak

Seorang staf IT hendak merakit ulang komputer, ternyata didapati RAM tidak berfungsi dan RAM dicobakan pula di beberapa komputer lain dan masih juga didapati tidak berfungsi, kondisi ini dialamati dengan adanya beep yang menginformasikan kerusakan pada RAM. Hampir saja Staf IT membeli RAM baru.
*Catatan: RAM ( Random Access Memori ) adalah tempat untuk menyimpan informasi pada komputer. RAM akan menyimpan data atau informasi jika ada sumber daya listrik. Berbeda dengan Harddisk yang tetap menyimpan informasi meski listrik dipadamkan, maka dari itu RAM disebut sebagai volatile memori.
Ternyata setelah ditelusuri duduk perkaranya, kondisi ini dikarenakan adanya muatan listrik statis pada RAM. Sebelumnya staf IT melakukan pembongkaran perangkat keras dengan bertelanjang tangan tanpa menggunakan gelang anti listrik statis, yang kemudian membuat RAM ditumpangi listrik statis, sehingga RAM seakan rusak.

Lalu bagaimana mengatasinya? Yakni dengan mengeliminasi keberadaan listrik statis. Listrik statis bisa terjadi karena ada gesekan fisik, sehingga RAM tersebut mengandung muatan listrik.

Untuk menghilangkan listrik statis pada RAM, dapat menggunakan penghapus pensil. Penggunaannya cukup mudah tapi perlu hati-hati. Caranya yaitu dengan menyeka pin RAM dengan penghapus sbb :
  1. Seka bagian depan dan belakang RAM dengan hati-hati agar tidak mengenai komponen sirkuit disekitarnya.
  2. Bersihkan serpihan penghapus yang menempel pada pin tersebut dengan cara meniupnya dengan blower.
Niscaya, RAM kembali berfungsi normal.

Keterampilan ini sederhana tetapi sangat membantu kamu dalam menangani TroubleShooting perangkat komputer. Keahlian ini sangat dibutuhkan loh jaman sekarang, terlebih lagi semuanya aktivitas manusia sudah terkomputerisasi.

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "Cara Memperbaiki RAM Rusak"

Post a Comment