05 May 2018

Cara Menempatkan Perangkat Komputer dengan Benar Agar Tidak Cepat Rusak

komputer desktop awet

Penempatan komputer sangat berpengaruh dalam menjaga kestabilan suhu komputer sendiri. Sebagian orang kurang memahami dalam penempatan komputer. Ada beberapa perbedaan perlakuan dalam penempatan komputer yang disesuaikan dengan fungsi dan kapasitas komputer tersebut. Sebagai contoh untuk penempatan komputer server:
  1. Disarankan mempunyai ruangan sendiri.
  2. Ruangan tersedia alat pendingain (AC).
  3. Letakan pada server case khusus jika memungkinkan.
Server harus mempunyai ruangan tersendiri dan alat pendingin tersendiri karena tugas server yang begitu besar. Yang terpenting adalah dalam penempatan komputer. Pastikan tidak ada benda atau barang yang berada dekat dengan komputer tersebut. Apalagi benda-benda tersebut sampai mengahalangi kipas sirkulasi udara.


Dalam penempatan komputer maupun gadget hendaknya perhatikan juga lingkungan disekitarnya. Sebagai contoh apabila komputer atau gadget diletakan di ruang makan atau yang banyak ditempati barang-barang organik, kondisi seperti risiko terkena tumpah makanan atau minuman dan juga berbagai serangga seperti semut dan sejenisnya akan menghinggapi komputer yang pada dasarnya memiliki suhu yang relatif hangat karena nyala mesin komputer.

Perlu diketahui, serangga dan beberapa binatang dapat menyelinap ke komputer karena suhu komputer yang hangat. Tidak jarang beberapa problem timbul sewaktu komputer dijadikan sarang bagi serangga dan anda baru menyadarinya sewaktu komputer mati karena bagian papan utamanya sudah mengalami kerusakan fisik.

Pada lingkungan sekolah, komputer akan lebih sering dalam melakukan perawatan karena mengingat digunakan secara bersama-sama. Berbeda halnya apabila komputer digunakan secara pribadi. Beberapa tip sederhana dalam menempatkan perangkat komputer agar berumur panjang:
  1. Jauhi penempatan komputer dari penetrasi sinar matahari langsung.
  2. Usahakan perangkat tidak dialokasikan pada tempat dengan kelembaban tinggi atau tempat yang langsung bersentuhan dengan udara luar.
  3. Ruangan tanpa AC dan tempat bertemperatur tinggi akan mengurangi life time perangkat komputer.
  4. Penempatan CPU di tempat yang bebas ganguan seperti di meja dan bukan di bawah lantai.
  5. Gunakan instalasi listrik yang baik, kabel yang sesuai dengan beban perangkat.

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "Cara Menempatkan Perangkat Komputer dengan Benar Agar Tidak Cepat Rusak"

Post a Comment