16 May 2018

Teknologi Apa yang Ditemukan Oleh Timothy Berners Lee ?

pencipta www

WWW sudah sangat akrab di jari kita. Biasanya ketika kita ingin mengunjungi sebuah situs pasti www adalah huruf pertama yang kita ketik di browser kita. Sebagian mungkin sudah tahu bahwa www adalah singkatan dari world wide web atau terjemahan bebasnya adalah jaringan dunia. Di dunia inilah kita dapat menemukan berbagai situs web yang akhirnya menjadi salah satu kebutuhan pokok kita di masa kini. WWW ini jugalah yang turut serta mendorong globalisasi yang kini kita alami. Bayangkan tanpanya maka mungkin kita tak akan pernah banyak tempat dan hal unik yang ada di dunia.

Tahukah kamu siapa yang pertama kali menggagas dan menciptakan www ? 

Dia adalah Tim Berners-Lee seorang berkebangsaan Inggris yang merupakan salah satu lulusan terbaik Fakultas Fisika Queen’s College, Oxford University, London. Mungkin pria yang lahir pada 8 Juni 1955 ini tak setenar Bill Gates, Mark Zuckerberg atau Steve Jobs di dunia teknologi modern tapi jasanya tak kalah besar dibanding mereka. Selama ini mungkin kita terkagum-kagum pada karya besar jenius Bill Gates dan Steve Jobs, tapi ada satu hal yang membuat saya jadi lebih respect terhadap Tim Berners-Lee. Hal itu adalah keputusan Tim untuk tidak mematenkan hasil karyanya pada tahun 1989 ini, sehingga saat ini www masih bisa digunakan secara bebas oleh siapapun, bahkan oleh mereka yang memanfaatkan keberadaannya untuk kepentingan bisnis. Karena jasanya itu, Tim juga mendapatkan penghargaan yang dianggap paling bergengsi dari Ratu Inggris yaitu Order of Merit. Pada tahun 2004 ia bahkan mendapat penghargaan Greatest Britons atau “Orang Inggris Terbesar”.

Jadi bisa dikatakan Tim Berners-Lee adalah salah satu jenius di bidang teknologi modern yang pantas kita kagumi tak hanya karena kepintarannya (karena dia juga yang menciptakaan browser pertama di dunia) tetapi juga karena kerendahan hatindan kebesaran hatinya yang tidak hanya mengejar ketenaran dan kekayaan semata. Bayangkan akan sekaya apa dia kalau mau mem-paten-kan www yang merupakan tempat lahirnya karya-karya teknologi besar seperti google dan facebook. Bayangkan apa jadinya google atau facebook kala itu tanpa www. Semoga Tim Berners-Lee bisa menjadi inspirasi kita semua.

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "Teknologi Apa yang Ditemukan Oleh Timothy Berners Lee ?"

Post a Comment