30 June 2018

10 Cara Melindungi Diri di Facebook Agar Aman Dari Serangan Hacker

facebook security

Sementara banyak orang menyadari sepenuhnya semua bahaya yang terkait dengan Facebook dan jejaring sosial lainnya, banyak remaja baru saja mendapatkan akun pertama mereka dan mengeksplorasi kebebasan baru mereka.

Sayangnya, ada orang jahat di luar sana yang berusaha memanfaatkan anggota Facebook baru ini. Ikuti kiat keamanan ini untuk membantu membuat berselancar di Facebook anda lebih aman :

1. Jangan Mendaftar Untuk Memperoleh Akun Sampai Anda berusia 13 tahun

Meskipun anda mungkin menginginkan akun saat berusia 11 atau 12 tahun, Facebook secara khusus melarang orang berusia di bawah 13 tahun untuk mendaftar.Jika mereka mengetahui bahwa anda berbohong tentang usia anda, mereka mungkin akan menghentikan akun anda dan membuang semua konten anda termasuk gambar anda.

Baca Juga :
2. Jangan Gunakan Nama Pertama atau Tengah Anda yang Sebenarnya

Kebijakan Facebook melarang nama palsu namun memungkinkan nama panggilan sebagai nama depan atau tengah anda. Jangan gunakan nama lengkap anda karena hal itu dapat membantu predator dan pencuri identitas mendapatkan lebih banyak informasi tentang anda. Lihat Facebook's Help Center untuk panduan lebih lanjut tentang nama yang diizinkan

3. Set Privacy dengan Kuat

Meskipun anda mungkin ingin menjadi orang terkenal / favorit, anda perlu mengatur pengaturan privasi Facebook anda sehingga tidak sembarang orang dapat melihat profil dan konten anda. Cara terbaik adalah membuat profil Anda agar tersedia hanya untuk orang-orang yang telah "accepted" sebagai teman anda.
4. Jangan Menuliskan Alamat Kontak di Profil Anda

Jangan sampai e-mail pribadi atau nomor ponsel anda dapat dilihat di profil anda.Jika Anda menuliskan alamat kontak tersebut kemungkinan ada aplikasi Facebook yang jahat atau hacker yang bisa menggunakan informasi ini ke SPAM atau membuat hidup anda susah. Disarankan tidak membiarkan teman Facebook anda memiliki alamat kontak tersebut. Batasi hanya teman anda yang sebenarnya yang memiliki nomor ponsel dan e-mail anda. Semakin tidak terbuka semakin baik.

5. Jangan Pernah Posting Lokasi Anda atau Anda Sendiri di Rumah

Penjahat dan predator bisa menggunakan informasi lokasi anda untuk melacak anda. Anda mungkin berpikir bahwa hanya teman anda yang bisa mengakses informasi ini, namun jika akun teman anda dibiarkan masuk ke komputer umum atau akun mereka diretas, orang asing sekarang akan memiliki informasi lokasi anda. Jangan pernah posting bahwa anda sendirian di rumah.

6. Laporkan Posting yang Menyakitkan atau Pelecehan

Jika anda pernah merasa terancam oleh siapa pun di Facebook atau seseorang melecehkan anda dengan mengirimkan pesan Facebook yang tidak diinginkan atau posting sesuatu yang kasar di Facebook anda, laporkan dengan meng-klik tautan "report abuse" di posting-an. Jika seseorang posting gambar anda yang tidak anda sukai, anda memiliki hak dan kemampuan untuk 'untag'.

7. Buat Password yang Kuat untuk Akun Anda dan Jangan Berbagi dengan siapapun

Jika password anda terlalu sederhana, seseorang dapat dengan mudah menebaknya dan masuk ke akun anda. Anda seharusnya tidak memberikan password anda kepada siapapun. Selalu pastikan anda keluar dari Facebook sepenuhnya jika anda menggunakan komputer umum di lab komputer, Perpustakaan, sekolah, dan WARNET.
8. Pikirkan Tentang Apa yang Anda Posting

Ada beberapa hal yang tidak boleh anda posting di Facebook.Saat Anda memposting sesuatu, selalu ingat bahwa hal itu dapat mempengaruhi orang lain dan bisa digunakan untuk melawan anda di masa depan, jadi pikirlah masak-masak. Hanya karena anda menghapus sesuatu di Facebook setelah anda mengatakannya, tidak berarti seseorang tidak mengambil suntikan layar sebelum anda memiliki kesempatan untuk menghapusnya. Jika anda memposting sesuatu yang memalukan tentang diri anda atau orang lain, mungkin akan kembali menghantui anda di masa depan saat anda melamar pekerjaan atau mencoba masuk ke perguruan tinggi yang memeriksa profil Facebook. Jika anda tidak merasa nyaman untuk mengatakan sesuatu ke seseorang maka mungkin sebaiknya anda tidak memposting hal tersebut secara online.

9. Waspada terhadap Penipuan Facebook Dan Aplikasi Jahat

Tidak semua aplikasi Facebook dibuat oleh orang baik. Biasanya aplikasi Facebook akan memerlukan akses ke bagian profil anda sebagai syarat untuk menggunakannya. Jika anda memberi akses aplikasi dan ini adalah aplikasi yang buruk, anda mungkin baru saja membuka diri untuk SPAM atau lebih buruk lagi. Jika ragu, periksalah dengan Googling nama applikasi diikuti dengan "scam" untuk melihat apakah ada kejadian buruk yang dilaporkan.
10. Jika Akun Anda di Hack, laporkan dengan segera

Jangan terlalu malu melaporkan akun anda yang diretas / di hack oleh seseorang. Penting agar anda segera melaporkannya kembali. Peretas dapat mencoba dan meniru identitas anda menggunakan akun yang diretas untuk menipu teman anda.

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "10 Cara Melindungi Diri di Facebook Agar Aman Dari Serangan Hacker"

Post a Comment