12 November 2018

Inilah Fungsi LAN Tester Pada Jaringan Komputer

fungsi lan tester

Fungsi LAN tester yaitu untuk mengecek atau memeriksa apakah kabel jaringan yang telah terpasang konektor RJ-45 atau RJ-11 sudah terpasang dengan benar atau tidak. LAN Tester bisa menjadi sebuah tools yang penting bagi administrator jaringan.

Berikut ini adalah fungsi LAN Tester :

1. Memeriksa Kerusakan Kabel Jaringan

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab jaringan tidak berfungsi, salah satunya adalah karena kabel jaringan mengalami kerusakan akibat umur kabel yang sudah terlalu lama atau bisa juga disebabkan oleh kualitas kabel jaringan yang buruk. Dengan menggunakan LAN Tester, kita bisa dengan mudah memeriksanya. Tinggal menghubungkan Kabel UTP atau jaringan pada socket LAN Tester maka kerusakan kabel dapat terdeteksi dengan cepat.

2. Memeriksa Pemasangan Susunan Kabel Straight atau Cross

Untuk mengetahui apakah kabel jaringan yang sudah dibuat dengan susunan straight atau cross sudah benar atau tidak. Kita dapat menggunakan LAN Tester. Lampu yang menyala pada LAN Tester menandakan benar atau tidaknya kabel jaringan yang sudah di buat. Tandanya adalah bila kabel yang disusun bertipe straight maka lampu indikator akan berjalan searah, namun apabila tipe kabel yang dibuat adalah bertipe cross maka lampu indikator akan berjalan silang (tidak searah).
Itulah beberapa fungsi lan tester pada jaringan komputer. Semoga bermanfaat

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "Inilah Fungsi LAN Tester Pada Jaringan Komputer"

Post a Comment