22 May 2019

Inilah Jenis jenis Mikrotik pada Jaringan komputer

Mikrotik adalah sebuah perusahaan yang fokus dibidang networking yang mengembangkan software dan hardware yang digunakan dalam jaringan komputer. Moto yang diusung oleh mikrotik yaitu "Routing the world".

Dalam artikel ini kami akan sedikit membahas tentang jenis jenis mikrotik. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa mikrotik membuat software dan juga hardware dalam produknya. Untuk software diberinama Mikrotik RouterOS dan untuk hardware diberinama RouterBoard (RB) yang didalamnya berisi sistem operasi Mikrotik RouterOS.
Jadi ketika anda membeli sebuah RouterBoard maka didalamnya sudah include Mikrotik RouterOS.

Jenis jenis mikrotik


1. Mikrotik RouterOS

routeros

adalah sebuah sistem operasi buatan mikrotik berbasis linux dimana komputer biasa dapat dibuat menjadi sebuah router yang dapat digunakan guna keperluan jaringan komputer. Mikrotik Router OS sangat ringan dan dapat di install pada komputer dengan spek minim sekalipun.

Berikut ini adalah kelebihan dari Mikrotik RouterOS
  • dapat diinstall di pc biasa dengan spek minimal
  • sangat ringan untuk digunakan sebagai router
  • merubah pc biasa menjadi router handal dengan berbagai fitur seperti firewall, hotspot, proxy server, dll
Baca Juga : Pengertian Mikrotik dan Fungsinya

2. Mikrotik RouterBoard (RB)

gambar routerboard

Ini adalah sebuah perangkat keras buatan mikrotik yang di dalamnya sudah terinstall Mikrotik RouterOS. Bentuk Routerboard mungkin seperti sebuah Hub. RB ini layaknya sebuah mini komputer tapi hanya khusus router. ukurannya kecil dan sangat praktis sehingga sering digunakan di warnet warnet. Di dalam Routerboard juga terdapat RAM, Processor. Harga sebuah RB >300rb dan dapat dibeli di toko online.

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "Inilah Jenis jenis Mikrotik pada Jaringan komputer"

Post a Comment