05 Mei 2017

Mengatasi Error Windows Cannot Be Installed to a Disk. The Selected Disk Is Of The GPT Partition Style

Masalah ini mungkin muncul ketika menginstall Windows 7, 8 atau 10.
Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is of the GPT partition style.
Mengapa error ini terjadi ?
Hal ini bisa diakibatkan karena settingan BIOS yang kurang tepat karena BIOS model lawas tidak dapat mengenali partisi GPT sehingga perlu sedikit perubahan pada settingan BIOSnya. Error ini juga bisa terjadi akibat jenis partisi hardisk yang tidak sesuai dengan media installasi (USB Installer/Flashdisk) yang kamu gunakan. Misal kamu menginsall windows dengan Flashdisk dengan tipe format FAT32 sedangkan hardisknya jenis partisi MBR atau kamu menggunakan Flashdisk dengan tipe format NTFS sedangkan hardisknya jenis partisi GPT.

Solusi :
  1. Ubah jenis partisi USB Installer (Flashdisk) agar sesuai dengan partisi media installasi. (cara ini digunakan sebelum memulai proses installasi windows. Kamu dapat menggunakan aplikasi rufus atau Universal-USB-Installer, etc).
  2. Ubah jenis partisi Hardisk dengan aplikasi AOMEI Partition. (Cara ini digunakan sebelum memulai proses installasi windows)

  • Kamu dapat menggunakan tools diskpart untuk mengatasi masalah ini. Cara ini digunakan untuk mengconvert jenis partisi hardisk. (cara ini digunakan saat installasi windows sedang berlangsung)
  • Dalam tutorial ini hanya akan membahas solusi yang ketiga yaitu dengan menggunakan tools diskpart. Tools ini bawaan windows dan berjalan di command prompt.
    STEP BY STEP:
    1. Saat Installasi sedang berlangsung (partisi drive) kamu cukup tekan tombol kombinasi tombol SHIFT+F10 atau Fn+SHIFT+F10 
    2. Akan muncul dialog Command Prompt (CMD) kemudian kamu tinggal ketik perintah di bawah ini
    >diskpart
    >list disk
    >select disk 1           (sesuaikan dengan partisi hardisk yang akan di pilih)
    >clean
    >convert mbr
    >exit


    3. Pada tahap ini kamu dapat melanjutkan proses installasi windows.


    NOTE : Cara ini akan menghapus seluruh isi drive / hardisk kamu jadi pastikan backup semua data-datanya sebelum mencoba cari ini.

    Share this

    Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

    0 Comment to "Mengatasi Error Windows Cannot Be Installed to a Disk. The Selected Disk Is Of The GPT Partition Style "

    Posting Komentar