08 August 2017

Cara Mudah Membuat Dropdown List Di Microsoft Excel 2016 Dengan Data Validation



Hai Selamat Datang Kembali di fikimedia kali ini admin akan bahas tentang Cara Mudah Membuat Dropdown List Di Microsoft Excel 2016 Dengan Data Validation. Sudah tahu apa itu dropdown ? kalo belum tahu dan ingin mencoba membuat dropdown maka tutorial ini cocok buat kamu. Dropdown adalah suatu daftar yang dibuat dalam bentuk pilihan yang mana kamu dapat memilih salah satu pilihan tersebut. Bentuk dropdown bisa kamu lihat seperti gambar dibawah ini.

Contoh Dropdown Excel


Penggunaan dropdown dimaksudkan untuk mempermudah user untuk mengisi suatu data yang pilihannya sudah ditentukan. contohnya pilihan "ya" atau "tidak" atau pilihan kota atau pilihan jenis kelamin, sehingga dropdown hanya menghasilkan 1 jawaban saja.

#Langkah Membuat Dropdown di Excel :

1. Pastikan kamu sudah membuka excel.
2. Buat semacam daftar atau list yang akan di tampilkan di dropdown, pada contoh kali ini saya membuat daftar list kota yang isinya : Jakarta, Bandung, Bogor, Depok, Bekasi, Bengkulu, Lampung. Saya hanya membuat 7 kota saja. Kalo 30 kota agaknya kebanyakan. hehehe

 3. Kemudian buat sebuah option atau pilihan untuk memilih kota, disini saya membuatnya di cell C3. Kemudian pastikan kursor kamu berada di D3, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.


4. Pada Ribbon Klik Menu "Data" Kemudian pilih "Data Validation".


5. Akan muncul jendela "Data Validation" kemudian pada "Validation Criteria" Atur
Allow : Ganti menjadi list
Source : Klik pada bagian panah atas (seperti tanda upload) kemudian blok pilihan kota yang tadi dibuat (cell A1 sampai A7).


6. Pindah ke tab "Input Message" Kemudian atur
Title : Isi dengan judul pesan
Input Message : Isi dengan pesan yang ingin ditampilkan.


7.Pindah ke tab "Error Alert" Kemudian Atur
Style : Stop
Title : Isi dengan judul pesan
Error Message : Isi dengan isi pesan
Kemudian Kamu bisa tekan tombol OK.

Hasilnya adalah seperti gambar dibawah ini. Apabila user menekan cell tersebut maka akan ada pesan yang memberikan panduan untuk mengisi kota melalui dropdown yang sudah di sediakan.


Tetapi apabila user mencoba menganti pilihan maka akan muncul pesan berikut


Note :
Supaya tampilan lebih enak untuk dilihat, kamu dapat merubah font menjadi putih sehingga daftar pilihan tidak terlihat pada lembar kerja atau kamu bisa hidden daftar tersebut sehingga tidak terlihat atau bisa juga daftar pilihan diletakkan pada worksheet yang lain.
Demikian cara membuat dropdown di excel semoga tutorial singkat ini bermanfaat buat kamu. Selamat Mencoba


Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

2 Responses to "Cara Mudah Membuat Dropdown List Di Microsoft Excel 2016 Dengan Data Validation"

  1. I don't even understand how I stopped up right here, but I thought this post was once good. I do not understand who you might be but certainly you're going to a well-known blogger when you aren't already. Cheers! gmail login email

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank for your visiting. I hope you enjoy it

      Delete