20 Februari 2021

Begini Cara Transfer Uang Lewat Alfamart, Mudah Banget!

Bagi kamu yang tidak punya rekening bank, jangan khawatir lagi ya karena saat ini banyak penyedia jasa transfer uang dengan mudah tanpa harus punya rekening bank. Salah satunya kamu bisa coba mengirimkan uang lewat Alfamart.

Apakah kita bisa transfer atau mengirimkan uang lewat Alfamart atau Indomart ? Tentu saja bisa bosque. Syarat yang harus kamu persiapkan seperti kartu identitas kayak KTP, SIM, no hp pengirim dan penerima serta uang yang akan dikirimkan. Jangan lupa untuk mencatat kode MTCN (Money Transfer Control Number) untuk digunakan oleh penerima ketika mengambil uang sebagai bukti verifikasi.

Lalu Bagaimana cara transfer uang lewat Alfamart ? Caranya simple kok, kamu cuma perlu datang ke cabang Alfamart terdekat dengan membawa uang yang akan di transfer terus bilang aja ke mbak atau mas kasirnya mau transfer duit, pasti sang kasir langsung paham. Langkah singkatnya sebagai berikut.


1. Persiapkan dokumen yang dibutuhkan

Ini syarat yang harus disiapkan sebelum transfer uang via alfamart.

  1. KTP Pengirim
  2. No Hp pengirim dan penerima beserta identitasnya
  3. Uang yang akan ditransfer

2. Isi Formulir yang diberikan kasir

Pastikan isi formulir tersebut secara jelas dan terperinci agar uang yang kamu kirim atau transfer bisa sampai ke penerima.

3. Berikan uang yang akan ditransfer sesuai nominal + biaya pengiriman ke kasir

Transfer uang via alfamart atau indomart dibatasi mulai 10k hingga 5 juta saja untuk sekali pengiriman. Jika kamu ingin transfer lebih dari itu lebih baik gunakan jasa bank saja. Untuk biaya pengiriman adalah sebesar 15k jadi jika kamu kirim uang Rp 100.000 maka siapkan uang Rp 115.000.

4. Minta kode MTCN

Kode MTCN merupakan kode penerimaan uang yang diberikan ke kamu setelah transaksi. Kode ini berisi 10 digit nomer. Fungsi kode ini adalah agar penerima bisa mencairkan uang yang kamu kirimkan. Pastikan kamu menerima kode MTCN tersebut dari kasir dan jangan lupa untuk menyimpan kode tersebut baik-baik. Kode ini hanya berlaku selama 30 hari jadi manfaatkan dengan baik.

5. Berikan kode MTCN ke penerima uang

Langkah terakhir yang harus dilakukan setelah kamu transfer uang dan mendapatkan kode MTCN adalah memberikan kode tersebut ke penerima uang. Uang tersebut bisa dicairkan oleh penerima diseluruh cabang alfamart di Indonesia.


Cara Mengambil Uang di Alfamart

Untuk penerima uang yang ingin mengambil uang di alfamart yang harus disiapkan adalah
  1. Kode MTCN
  2. Kartu identitas seperti KTP/SIM
Setelah itu tinggal datangi gerai alfamart terdekat untuk mengambil uangnya. Untuk pengambilan uang di alfamart tidak kenai biaya lagi, jadi pastikan kamu tidak membayar apapun ke kasir alfamart karena biaya tersebut ditanggung oleh yang mengirimkan uang.

Selamat mencoba. Semoga artikel ini bermanfaat.

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

1 Response to "Begini Cara Transfer Uang Lewat Alfamart, Mudah Banget!"

  1. Thank you for sharing useful information with us. please keep sharing like this. And if you are searching a unique and Top University in India, Colleges discovery platform, which connects students or working professionals with Universities/colleges, at the same time offering information about colleges, courses, entrance exam details, admission notifications, scholarships, and all related topics. Please visit below links:


    Mahakaushal University in Jabalpur

    YBN University in Ranchi

    Manipal University Jaipur

    Swami Vivekanand University in Sagar

    BalasHapus