14 March 2018

11 Cara Mengamankan Akun Gmail dari Hacker dan Phisher

keamanan akun google

Meskipun Email adalah media cepat dan aman untuk mengirim dan menerima banyak informasi, penting diingat bahwa informasi pribadi anda harus tetap aman dan anda tidak terbuka terhadap virus, phisher maupun hacker. Berikut adalah sejumlah tips keamanan untuk membantu anda tetap aman saat menggunakan email.



1. Jangan menggunakan WARNET / Komputer Publik
Sebaiknya jangan menggunakan WARNET atau komputer yang ada di publi untuk membuka email. Karena di takutkan mereka memasang keylogger yang akan melihat password yang kita ketik.

2. Pilih password yang aman
Ini adalah saran untuk memastikan bahwa saat membuat password untuk akun email anda, pastikan password anda panjangnya minimal delapan karakter. Anda juga melakukan ini dengan menggunakan kombinasi huruf besar dan huruf kecil dan minimal satu angka dan / atau simbol. Hindari penggunaan password yang dapat diprediksi seperti 'password' atau bahkan nama anda, karena ini sering merupakan tebakan pertama bagi peretas / phisher. Selain itu, anda tidak boleh mencoba menggunakan password yang sama di beberapa akun, yaitu menggunakan password yang sama untuk login email dan login bank anda.

Baca Juga :

3. Ubah password anda secara teratur
Sebagai sebuah rekomendasi, anda harus mengganti password anda setiap 60 hari untuk memastikan akun email anda aman dan ini terutama jika anda secara teratur masuk ke akun email anda di komputer yang tersedia untuk umum.

4. Pastikan logoff & jangan simpan password
Pastikan keluar dari akun anda setelah membaca email anda. Hal ini sangat penting bila anda menggunakan sistem publik seperti di kafe. Anda tidak boleh mengklik tab 'save your password' saat anda menggunakan komputer umum untuk mengakses email anda. Dengan mengklik save, ini menyimpan password anda dan membuat anda tetap masuk bahkan setelah anda logoff dari sistem, sehingga memungkinkan pengguna lain mengakses akun anda.

5. Hindari email spam
Jangan membuka email yang dikirim oleh seseorang yang tidak anda kenal atau percaya. Ikuti naluri anda! Laporkan pesan sebagai spam atau drag ke junk dan lanjutkan. Anda seharusnya tidak pernah membalas email semacam itu atau mengklik tautan di dalamnya karena dengan melakukan salah satu dari itu atau bahkan delisting dari email semacam itu, anda akan memberi tahu pengirim (phisher) bahwa email anda aktif untuk menerima lebih banyak email spam.

6. Safe sender
Dengan membuat daftar pengirim yang aman, anda dapat yakin bahwa hanya email yang aman yang akan masuk ke dalam kotak inbox anda. Ini hanya akan memungkinkan alamat email orang yang anda kenal dan percaya untuk memasukkan kotak inbox Anda. Setiap pengirim lain yang tidak ada dalam daftar anda akan secara otomatis masuk di folder junk anda.

7. Jangan berbagi data pribadi
Jika anda menerima korespondensi yang mengklaim berasal dari bank anda, sebaiknya anda menelepon cabang bank anda untuk mengkonfirmasi dan membicarakan masalah ini melalui telepon. Jangan pernah membagi informasi rahasia seperti password, rincian data bank, dan nomor e-KTP melalui email. Selalu ingat bahwa setiap kali anda mengirim pesan email, anda telah kehilangan kendali atas apa yang dilakukan dengan hal itu atau terhadap siapa pesan itu didapat.

8. Perangkat Lunak Antivirus
Pastikan anda telah menginstal perangkat lunak antivirus dan selalu selalu memperbaruinya. Norton, McAfee, Kaspersky adalah alternatif yang baik untuk mengamankan PC, Mac, Androids, dan perangkat iOS anda dari virus, spyware, malware & phishing.

9. Gunakan email yang berbeda
Jangan gunakan alamat email yang sama untuk penggunaan pribadi dan umum. Siapkan akun email kedua untuk mendaftar ke situs web publik seperti situs belanja online, dan mendaftar ke layanan baru seperti buletin. Ini akan membatasi jumlah spam (seperti yang tidak dapat dihindari) yang akan diterima oleh akun email pribadi anda.

10. Update web browser tepat waktu
Sebaiknya perbarui browser web anda dari waktu ke waktu karena pembaruan keamanan sering kali diperkenalkan ke browser web terbaru, sehingga mencegah serangan berbahaya pada akun email. Google Chrome sering dianggap sebagai salah satu browser web yang paling aman yang tersedia.

11. Jauhi pop-up
Anda tidak boleh memasukkan informasi pribadi Anda ke layar pop-up. Phisher kadang mengarahkan individu yang tidak curiga ke situs web organisasi yang sebenarnya, tapi kemudian layar pop-up yang tidak disetujui, yang mereka buat, akan muncul, dengan form kosong dan meminta Anda untuk memberikan informasi pribadi Anda. Sebagai obat untuk ini, menginstal perangkat lunak pemblokiran pop-up akan membantu mencegah serangan phishing jenis ini. Selain itu, melaporkan email phishing tersebut ke perusahaan yang sedang disamarkan juga akan membantu memerangi phisher.

Demikian cara mengamankan akun gmail anda dari hacker maupun phisher. Semoga bermanfaat

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "11 Cara Mengamankan Akun Gmail dari Hacker dan Phisher"

Post a Comment