23 October 2019

Pengertian Sistem Komputer, Fungsi, Komponen dan Contohnya


Jelaskan definisi sistem komputer ? sistem komputer adalah kumpulan atau sekumpulan komponen yang saling terhubung satu sama lain sehingga bisa saling berinteraksi untuk melakukan tugas atau job yang telah di instruksikan oleh seorang pengguna komputer atau brain ware.

Secara umum elemen sistem komputer dibagi menjadi tiga bagian yaitu Software, Hardware dan Brain ware. ketiga elemen atau komponen ini masing-masing mempunyai fungsi yang sangat penting dalam mengolah suatu informasi data. Ketiga elemen ini harus bekerja beriringan dan saling melengkapi, jika salah satu dari elemen sistem komputer ini hilang maka sistem komputer tidak bisa bekerja secara normal.

Contoh sistem komputer yang mungkin terjadi bila salah satu ketiga elemen tadi hilang adalah sebuah komputer atau pc tidak dapat bekerja secara normal tanpa ada perintah atau instruksi dari user atau pengguna komputer dan software tidak akan berjalan tanpa adanya sebuah perangkat keras atau hardware sebagai wadahnya.

Elemen Sistem Komputer


Pada sistem komputer ada tiga elemen atau komponen yang saling melengkapi yaitu software, hardware dan brain ware. berikut ini akan di jelaskan elemen elemen dasar pada komputer

1. Software
Perangkat lunak atau software adalah elemen dari sistem komputer yang tidak mempunyai bentuk fisik tetapi dapat dilihat jika sudah di install ke dalam hardware. Software memiliki bentuk digital dan disimpan pada memori seperti hard disk.

Software dapat dikategorikan menjadi beberapa bagian yaitu :
  • System Software
    Kegunaan dari software jenis ini adalah mengontrol dan mengatur komponen hardware pada komputer, contohnya adalah sistem operasi ( Operating System )
  • Application Software
    Software jenis ini disebut sebagai dengan aplikasi atau program. Biasanya digunakan oleh pengguna komputer untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Contoh aplikasi yaitu microsoft office, adobe photoshop, chrome, firefox, game dan lain-lain.
  • Utility Software
    Disebut sebagai utilitas atau utility program, software jenis ini digunakan untuk melindungi, menjaga atau merawat sistem software atau sistem operasi. contohnya adalah anti virus, firewall, disk defragmenter dan lain-lain.

2. Hardware


Hardware adalah perangkat keras dalam sistem komputer. hardware memiliki bentuk fisik yang dapat disentuh, diraba dan dilihat. Hardware dapat dibagi menjadi 4 komponen sistem komputer utama yaitu : Input Device, Output Device, Storage Device dan Process Device yang mana akan dijelaskan secara singkat sebagai berikut.
  • Input Device
    Perangkat input atau input device adalah perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam sistem komputer. Contoh input device adalah mouse, keyboard, scanner dan lain sebagainya.
  • Storage Device
    Data yang di input oleh pengguna akan disimpan di storage device atau media penyimpanan (perangkat penyimpanan) sebelum benar-benar diproses oleh CPU. Contohnya seperti RAM dan Hard disk.
  • Process Device
    Semua data-data yang dimasukkan oleh pengguna akan diolah oleh CPU untuk nanti ditampilkan ke output device seperti monitor atau proyektor.
  • Output Device
    Perangkat keluaran atau output device digunakan untuk menampilkan hasil dari prosesing data yang dilakukan di CPU. Data output ini bisa berupa informasi tulisan, gambar, suara atau video.
3. Brain ware
Ini merupakan elemen ketiga setelah kedua elemen sistem komputer diatas. Brain ware dapat diartikan sebagai orang yang menggunakan atau mengoperasikan perangkat komputer atau pc atau laptop seperti programmer, desainer, bahkan operator warnet atau petugas kasir di pusat perbelanjaan dapat di katakan sebagai seorang brain ware.

Fungsi Sistem Komputer


fungsi sistem komputer
Setelah kita membahas tentang pengertian sistem komputer dan elemen elemen dasar pada komputer selanjutnya kita akan membahas tentang fungsi dari sistem komputer sendiri.
Sistem komputer pada dasarnya mempunyai tiga fungsi yaitu :

1. Menginput Data
Sistem komputer berfungsi untuk menginput berbagai macam data yang telah dimasukkan oleh user melalui perangkat hardware (input) seperti mouse, keyboard, scanner, dan sebagainya.

2. Memproses Data
Data yang telah di input oleh user tadi akan diproses sebelum ditampilkan ke pengguna. Pada tahap ini prosesnya akan dijalankan di CPU (central processing unit) yang menjadi otak dari komputer. sehingga sudah pasti sistem komputer berfungsi untuk memproses data yang masuk.

3. Menghasilkan dan Menyimpan Data
Pada akhirnya sistem komputer akan berfungsi untuk menghasilkan dan menyimpan data setelah data tersebut di input dan diproses oleh CPU. Hasil output ini bisa berupa gambar, suara, tulisan atau informasi bahkan video yang nantinya disimpan di memori komputer seperti hard disk.

Demikian pengertian dan fungsi sistem komputer. Semoga bermanfaat

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "Pengertian Sistem Komputer, Fungsi, Komponen dan Contohnya"

Post a Comment