24 October 2017

Cara Mudah Membuat Kabel Straight Dan Cross

cara buat kabel straight dan cross

Setelah mengetahui susunan warna pada kabel straight dan cross mungkin kamu akan mencari tahu bagaimana cara untuk membuat kabel straight dan cross dengan benar. fikimedia kali ini akan membahas tentang hal itu, dimana artikel ini akan mengulas tentang hal apa saja yang perlu kamu persiapkan sebelum memulai membuat kabel dan bagaimana cara membuat kabelnya.


Apa saja alat dan bahan yang dibutuhkan ?

1. Kabel UTP
Ini adalah bahan yang harus ada untuk membuat kabel UTP tipe straight dan cross. Kamu bisa membeli kabel ini ditoko komputer atau kamu dapat beli secara online atau bisa juga pinjem sama orang warnet. biasanya orang warnet punya stok kabel UTP yang banyak. hehehe
kabel utp
2. Konektor RJ45
Jangan lupa untuk menyiapkan konektor yang 1 ini. Namanya konektor RJ-45 dan kamu juga bisa dapatkan ditoko komputer terdekat yang menjualnya.
konektor rj45
3. Tang Crimping aka Crimping Tool
Tang ini memang dikhususkan untuk membuat kabel jaringan. Fungsinya untuk mengencangkan atau press kabel utp agar terpasang dengan kuat dengan konektor RJ-45. Jadi guna tang ini adalah agar kabel yang kamu buat berhasil terpasang dengan benar. Tanpa alat ini maka kabel dan konektor tidak akan terpasang dengan benar atau kendor. Tang ini juga bisa berfungsi untuk membuka kulit kabel utpnya.

4. LAN Tester
Alat ini digunakan untuk menguji kabel yang kita buat. Alat ini mempunyai lampu indikator yang dapat mengidentifikasi kabel yang kita buat benar atau tidak. Untuk kabel straight lampu indikator akan bergerak bersamaan tapi untuk kabel cross maka lampu indikator akan bergerak secara berlawanan.
lan tester



Bagaimana cara membuatnya ?

Untuk membuat kabel tipe straight dan cross berikut cara yang bisa kamu lakukan :
  1. Kupas bagian ujung kabel UTP dengan menggunakan tang krimping, kira-kira 2 cm
  2. Buka pilinan kabel, luruskan dan urutankan kabel sesuai standar TIA/EIA 368B
  3. Setelah urutannya sesuai standar, potong dan ratakan ujung kabel
  4. Masukan kabel yang sudah lurus dan sejajar tersebut ke dalam konektor RJ-45, dan pastikan semua kabel posisinya sudah benar.
  5. Lakukan crimping menggunakan crimping tools, tekan crimping tool dan pastikan semua pin (kuningan) pada konektor RJ-45 sudah “menggigit” tiap-tiap kabel.
  6. Setelah selesai pada ujung yang satu, lakukan lagi pada ujung yang lain
  7. Langkah terakhir adalah menge-cek kabel yang sudah kita buat tadi dengan menggunakan LAN tester, caranya masukan masing-masing ujung kabel (konektor RJ-45) ke masing2 port yang tersedia pada LAN tester, nyalakan dan pastikan semua lampu LED menyala sesuai dengan urutan kabel yang kita buat.
Dibawah ini adalah contoh ujung kabel UTP yang telah terpasang konektor RJ-45 dengan benar, selubung kabel (warna biru) ikut masuk kedalam konektor, urutan kabel dari kiri ke kanan (pada gambar dibawah ini urutan pin kabel dimulai dari atas ke bawah).
pemasangan kabel straight dan cross yang benar

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "Cara Mudah Membuat Kabel Straight Dan Cross"

Post a Comment