16 December 2017

4 Tips Aman Belanja Online Agar Tidak Tertipu

online shop

Sebagian orang pastinya masih ragu dalam bertransaksi belanja online, dengan berbagai macam alasan. Pertama takut barang tidak sampai, barang rusak atau tidak sesuai dengan permintaan. Semua dugaan negatif itu pasti menyelimuti bagi kamu yang belum terbiasa belanja online. Situs belanja online seperti bukalapak, lazada, shopee, tokopedia dan lain-lain sebenarnya sudah aman dan terpercaya asalkan caranya benar. Agar belanja online kamu aman dan tidak tertipu, sebaiknya kamu ikuti dulu panduan singkat berbelanja online berikut ini.



1. Berbelanja pada rating toko yang tinggi

Berbelanja pada rating toko yang tinggi

Sebelum kamu belanja online, perhatikan terlebih dahulu rating toko tersebut. Sebagai toko yang baik, pastinya minimal mendapatkan bintang 4 atau bintang 5 sebagai bukti bahwa toko tersebut mendapatkan hal positif dari orang yang pernah belanja sebelumnya.

2. Toko Berbayar

Toko Berbayar
Misalnya dalam toko bukalapak.com ada terdapat dua akun, berbayar dan gratis. Untuk lebih aman, pilihlah toko yang berbayar karna toko berbayar tersebut adalah orang-orang yang serius jualan, dan yang gratis bukan berarti mereka tidak serius, asalkan rating nya bagus tidak ada salahnya juga kamu berbelanja pada toko gratis tersebut. Cara membedakan toko gratis dan berbayar bisa kamu lihat pada profil tokonya dengan lambang emas untuk berbayar dan hanya tulisan abu abu untuk akun gratis, begitu juga untuk toko online lainnya.

3. Feedback

Feedback
Tanggapan atau para komentar yang sedang berbelanja pada toko tersebut perlu juga kamu perhatikan. Jika komentar kurang baik sebaiknya kamu hindari dulu untuk berbelanja pada toko tersebut. karna dengan komentar jelek, pastinya tidak sesuai dengan harapan si pembeli.

4. Hindari transaksi di luar toko online
Hindari transaksi di luar toko online
Dalam bertransaksi, jika sipenjual meminta kamu untuk melakukan transfer sejumlah uang di luar dari tempat belanja online kamu tersebut, maka sebaiknya kamu menolaknya dan hindari transaksi tersebut. Karna dengan transaksi yang seperti itu bukanlah menjadi tanggung jawab dari penyedia layanan toko online tersebut.

Agar kamu tidak tertipu, telitilah segala sesuatunya sebelum melakukan transaksi agar kamu tidak merasa dirugikan.

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "4 Tips Aman Belanja Online Agar Tidak Tertipu"

Post a Comment