05 February 2018

Samsung CHG90 QLED Gaming Monitor : Monitor Gaming Keren dengan Layar 49 Inch

Samsung melihat pasar Indonesia mengalami peningkatan yang sangat pesat, terlebih di segmen gaming. Nah, pihaknya pun menghadirkan sebuah produk monitor yang keren dan memiliki ukuran yang sangat lebar. Pada sebuah kesempatan di Jakarta (1/2/18), Samsung resmi memperkenalkan monitor gaming terbaru mereka. Monitor yang ditampilkannya memiliki ukuran 49 inci dengan ratio 32:9. Adapun nama yang diberikan Samsung kepada monitor tersebut adalah QLED Gaming Monitor CHG90.

samsung chg90


QLED Gaming Monitor CHG90 dianggap sebagai persembahan dari Samsung untuk ikut meramaikan pasar monitor gaming di Indonesia. Selain itu, pihaknya juga mengaku jika produknya ini adalah jawaban akan kebutuhan masyarakat Indonesia. “Indonesia merupakan negara yang memiliki pertumbuhan pesat di segmen gaming. Bahkan, mengacu pada data IDC, masyarakat memiliki kebutuhan yang meningkat sebanyak 27% terhadap monitor dengan ukuran di atas 30 inci. Maka dari itu, kami menjawab kebutuhan tersebut dengan menghadirkan QLED Gaming Monitor CHG90, yang berukuran layar 49 inci,” jelas Albert, Head of Monitor Business PT Samsung Electronics Indonesia.

Selain memiliki lebar dan besar, rupanya QLED Gaming Monitor CHG90 juga dibekali dengan beragam kemampuan hebat. Berikut daftar kemampuan yang dimilikinya.



1. Bisa Menampilkan Gerakan Cepat dengan Halus

Bisa Menampilkan Gerakan Cepat dengan Halus
Kemampuan pertama yang dimilikinya adalah refresh rate yang mencapai 144 Hz, yang memungkinkan pengguna untuk tetap mendapatkan pandangan yang lebih halus walaupun gerakan objek pada layar sangat cepat. Biasanya, refresh rate yang besar dibutuhkan oleh para pemain game ber-genre Firs Person Shooter (FPS) dan juga Racing. “QLED Gaming Monitor CHG90 dibekali dengan refresh rate yang sangat besar, bahkan mencapai 144 Hz. Dengan begitu, para pemain game FPS dan Racing tetap mendapatkan gerakan halus walau objek yang dilihatnya bergerak dengan cepat,” jelasnya.

2. Responsif Banget

Responsif Banget
Tidak hanya memiliki refresh rate yang besar, monitor Samsung ini juga memiliki waktu respon yang sangat pendek, yakni 1 ms. Dengan pendeknya waktu respon tersebut, maka pengguna tak perlu takut akan tertinggalnya respon gerakan mereka yang diaplikasikan ke dalam game mengalami penundaan, atau yang singkatnya disebut sebagai lag.

3. Berteknologi Canggih


Berteknologi Canggih
Teknologi panel Quantum yang digunakannya pun tidak sembarangan. Pasalnya, teknologi yang digunakannya adalah Quantum Dot dengan sRGB sebesar 125%. Dengan begitu, jangkauan warna yang akan didapat oleh pengguna akan lebih jauh lagi.

4. Memiliki Fitur kayak TV

Memiliki Fitur kayak TV
Kemampuan lain yang dimilikinya adalah High Dynamic Range (HDR). Biasanya, HDR hanya ditemui pada perangkat televisi saja, namun Samsung menyematkannya ke dalam QLED Monitor Gaming CHG90. Teknologi itu juga dikolaborasikan dengan Quantum Dot yang telah kami sebutkan sebelumnya. Namun, perlu diingat, teknologi HDR yang dimiliki monitor tersebut hanya dapat digunakan ketika kartu grafis yang digunakan oleh penggunanya turut memiliki kemampuan yang sama. Nah, jika pada AMD Radeon, GPU yang memiliki fitur HDR adalah RX 480, RX 470, dan RX 460. Sementara itu, GPU NVIDIA yang memilikinya adalah Titan X, GTX 1080 Ti, GTX 1080, GTX 1070, GTX 1060, dan GTX 1050.

5. Bentuknya Melengkung + Ada FreeSync

Bentuknya Melengkung
Monitor berbentuk kurva 1800R ini akan menyuguhkan resolusi yang tidak kecil. Pasalnya, monitor tersebut akan menyuguhkan resolusi 3840 x 1080 piksel atau Full HD. Walaupun belum dibekali dengan fitur 4K, namun monitor ini diklaim akan menyuguhkan pengalaman yang lebih baik kepada penggunanya. Albert menjelaskan, agar pengalaman pengguna semakin sempurna, maka pihaknya menyematkan fitur AMD FreeSync 2. Dengan adanya fitur tersebut, maka disaat kamu menggunakan kartu grafis AMD yang telah dibekali FreeSync, maka gambar yang akan diterima menjadi lebih halus. Kamu tak perlu takut akan rentan waktu yang jauh saat GPU menghantarkan gambar kepada monitor.

Jika dijelaskan secara singkat, FreeSync adalah fitur yang memungkinkan refresh rate yang didapat pengguna lebih tinggi. Nah, teknologi tersebut dimiliki di beberapa kartu grafis besutan AMD Radeon, seperti AMD Radeon R9 300 series, R9 Fury X, R7 360, R9 295X2, R9 290X, R9 290, R9 285, R7 260X, R7 260, RX 400 Series.

6. Bisa Bikin Mata Nyaman

Bikin Mata Nyaman
Kemampuan terakhir yang dimilikinya adalah fitur Eye Saver. Masalah yang dihadapi oleh para pengguna PC adalah kelelahan mata. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut Samsung menghadirkan fitur Eye Saver. Eye Saver merupakan fitur yang memungkinkan monitor untuk menurunkan kadar cahaya biru. Kadar cahaya biru sendiri merupakan penyebab masalah dibalik cepatnya mata kamu lelah saat memandang monitor. Dengan adanya Eye Saver, maka waktu pandangan kamu terhadap monitor akan jauh lebih panjang lagi.

Setelah kita mengetahui kemampuan yang dimiliki oleh QLED Gaming Monitor CHG90, maka kini saatnya untuk menyadari harga yang harus dibayar guna memilikinya. Berkat berderetnya kemampuan yang dimiliki monitor gaming Samsung tersebut, maka tak heran jika kamu yang tertarik harus menyiapkan uang sebanyak Rp 20 juta.

Bagaimana menurutmu? Apakah harga monitor tersebut kemahalan? Atau, harga tersebut pantas karena banyaknya kemampuan yang dimiliki?

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "Samsung CHG90 QLED Gaming Monitor : Monitor Gaming Keren dengan Layar 49 Inch"

Post a Comment