24 Februari 2018

Inilah Sejarah Perkembangan Jaringan Seluler dari 1G Sampai 5G

sinyal 4g

Ketika kamu membaca artikel ini tentunya kamu menggunakan Internet. Nah tahukah kamu perbedaan sinyal yang ada di smartphone kamu? Kalau kamu melihat di pojok kanan atau kiri, kamu bakalan menyadari bahwa ada indikator kekuatan sinyal pada ponsel mu. Kekuatan sinyal tersebut berubah-ubah, misal dari 4G ke 3G lalu bisa saja berubah ke EDGE. Tahukah kamu artinya ? Baik langsung saja kita lihat perkembangan sinyal dari 1G, 2G, 3G, 4G dan 5G berikut ini.



Perkembangan Jaringan Selular 


1. 1G – Generasi Pertama adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan generasi pertama teknologi-teknologi yang digunakan pada sistem komunikasi seluler. Generasi ini merupakan teknologi ponsel pertama yang menggunakan sistem analog, yang pada umumnya dikenal dengan AMPS dan TACS. Sejak tahun 1970 ketika ditemukannya mikroprosesor untuk komunikasi nirkabel, teknologi ini mulai dipakai. 1G mempunyai banyak kekurangan karena 1G merupakan cikal bakal generasi berikutnya yang lebih baik. Teknologi 1G ini dikenal juga dengan nama GPRS (General Packet Radio Service) . Teknologi ini memungkinkan pengiriman dan penerimaan data yang lebih cepat dibandingkan dengan pengguna teknologi CSD (Circuit Switch Data) yang sering disebut dengan teknologi 2,5G. Sistem ini sudah mampu melakukan transfer data email, data gambar (MMS) dan juga sudah menjangkau penelusuran internet.

2. 2G – Teknologi 2G merupakan teknologi yang dikembangkan dari generasi pertama karena tuntutan pasar yang menginginkan teknologi yang lebih canggih. Teknologi ini diluncurkan di Finlandia pada tahun 1991 secara komersial untuk jaringan GSM standar. Generasi ini sudah dilengkapi dengan layanan komunikasi via teks (SMS), Selain melayani komunikasi suara. Teknologi 2G ini dikenal juga dengan nama EDGE ( Enhanced Data rates for GSM Evolution ). Teknologi ini merupakan perkembangan dari teknologi GSM dan IS-136. Teknologi ini memiliki tujuan meningkatkan kecepatan transmisi data, memungkinkannya penggunaan aplikasi-aplikasi baru, meningkatkan efesiensi spektrum serta meningkatkan kapasitas.

3. 3G – Teknologi ini diluncurkan pada tahun 2001. Teknologi 3G sudah dapat mengakses internet dengan akses yang cepat dengan bandwidth sampai 384 kilobit per detik (kbps). Akses ini tentunya memberikan fasilitas yang beragam bagi pengguna ponsel. Pasalnya dengan jaringan 3G pengguna dapat menonton video secara langsung dari internet dan bahkan sudah bisa komunikasi via video dengan orang lain. Teknologi ini dikenal juga dengan nama HSDPA.Teknologi ini dikembangkan untuk meningkatkan kecepatan transfer data 5 kali lebih cepat. Sampai saat ini penggunaan teknologi ini hanya digunakan pada komunikasi arah bawah menuju handphone atau telpon genggam.
4. 4G – Generasi 4G diluncurkan pada tahun 2009. Teknologi 4G menyediakan jaringan pita lebar ultra yang digunakan pada berbagai perlengkapan elektronik. Misalnya telpon pintar (smartphone) dan juga laptop yang bisa menggunakan USB. Teknologi 4G sudah menyediakan solusi IP komprehensif yang mana suara, data, dan arus multimedia dapat sampai kepada pengguna dimana saja dan kapan saja. Kekuatan sinyal dari 4G bisa mencapai 40 Megabit per detik (mbps). Tentunya dengan kekuatan internet ini pengguna dapat melakukan banyak hal hanya dengan internet.

5. 5G merupakan istilah jaringan untuk menyebut generasi kelima yang memiliki standar telekomunikasi seluler melebihi standar 4G. Generasi ini masih tahap pengembangan dari generasi4G. Direncanakan akan rilis pada tahun 2020. Kabarnya generasi kelima ini memiliki kekuatan internet mencapai 6400 megabit per detik (mbps). Jika kamu ingin menggunakan generasi ini, Anda hanya menunggu sekitar 2 tahun lagi. Tentunya banyak kelebihan yang di berikan dibanding dengan generasi-generasi sebelumnya.

Perbedaan lainnya bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini

sejarah jaringan lengkap
sumber gambar : TopReviewHut.com

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "Inilah Sejarah Perkembangan Jaringan Seluler dari 1G Sampai 5G "

Posting Komentar