24 February 2018

STOP ! Inilah 3 Hal Yang Dapat Merusak Laptop Lebih Cepat

laptop cepet rusak

Di era modern sekarang ini Perangkat komputer sudah tidak lagi menjadi barang mahal. Karena hampir setiap orang memilikinya dan sepertinya sudah sangat melekat dengan aktivitas pekerjaan kita sehari-hari. Terutama laptop yang menjadi pilihan pertama karena lebih praktis dari pada perangkat komputer PC, bisa dibawa kemana-mana dan membantu mempermudah kita dalam menyelesaikan pekerjaan. Tapi perlu diketahui bahwa praktis itu bukan berarti yang terbaik. Sebab karena kepraktisan tersebut juga memperbesar pula kemungkinan laptop menjadi lebih cepat rusak apabila tidak diperhatikan pemakaian dan perawatan nya. Berikut ini adalah hal hal yang sering kita anggap sepele tapi fatal akibatnya bagi nyawa laptop kita.

1. Main Laptop Di Atas Bantal Atau Kasur

Sepertinya terdengar sepele dan sudah menjadi kebiasaan sehari-hari, terutama bagi para wanita. Kebanyakan orang hanya tahu di mana pembuang angin atau udara/pembuang panas pada laptop, yaitu di bagian samping atau belakang yang jika kita perhatikan terdapat sirip-sirip pendingin prosesor. Tapi tak banyak orang yang memperhatikan dari mana udara nya  masuk. Karena logika normalnya jika ada udara yang dibuang seharusnya ada udara yang masuk. Jadi tempat udara masuk itu berada di bagian bawah laptop yang terdapat lubang-lubang untuk udara masuk. Jika kita menaruh laptop di atas bantal atau kasur maka sirkulasi udara pada lubang tersebut akan terhambat karena tertutup rapat, sehingga membuat prosesor menjadi sangat panas dan bisa menyebabkan kematian. Dan tahukah anda bahwa debu dari bantal dan kasur itu sangat halus dan mudah masuk ke bagian dalam laptop melalui saluran sirkulasi udara, kemudian mengendap dan menghambat udara panas keluar.

2. Menggeser Laptop Ketika Laptop Sedang Menyala
Kalau yang satu ini kaitannya dengan Hardisk. Pada saat laptop menyala, maka hardisk juga beroperasi. Dengan menggeser akan menimbulkan laptop bergetar sehingga memungkinkan bagian dalam hardisk juga ikut bergetar. Dengan getaran tersebut dikhawatirkan membuat posisi head (pembaca kepingan hardisk) bergeser dari posisi yang semestinya, atau bisa juga membuat goresan halus pada keping hardisk. Akibatnya hardisk menjadi Bad Sector yang membuat komputer menjadi super lemot, bahkan lebih parahnya lagi rusak dan tidak terbaca lagi.

3. Tidak Pernah Menyalakan Laptop Dalam Jangka Waktu Yang Lama.
Banyak yang mengira jika ingin barang kita awet maka disimpan saja, tapi kalau untuk laptop jangan!. Karena barang elektronik (salah satunya laptop) jika dibiarkan terlalu lama nganggur bisa mempercepat proses terjadinya korosi atau karatan pada komponen-komponen nya.

Itulah beberapa hal sepele tapi fatal akibatnya yang bisa membuat laptop cepat rusak. Hindari hal-hal tersebut untuk memperkecil kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan pada laptop kita.

Sumber gambar : nextren.grid.id

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "STOP ! Inilah 3 Hal Yang Dapat Merusak Laptop Lebih Cepat"

Post a Comment