29 November 2017

6 Tips Amankan WhatsApp dari Hacker

amankan whatsapp

WhatsApp, salah satu aplikasi chat dengan jumlah pengguna lebih dari 1 miliar orang di dunia. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk selalu terhubung dengan keluarga dan teman setiap saat, di manapun berada. Dengan WhatsApp kita bisa berbagi foto, video dan dokumen lainnya.

Demi keamanan dan kenyamanan pengguna, pihak WhatsApp tak henti-hentinya untuk menyempurnakan fitur yang ada. Salah satu fitur baru aplikasi ini adalah Two Step Verification. Dengan fitur ini, WhatsApp akan meminta kata kunci setiap kali ada upaya verifikasi nomor telepon. Keamanan akun WhatsApp sangat diperlukan agar kita terhindar dari gangguan para hacker yang tidak bertanggung jawab yang dapat membocorkan segala privasi kita.



Berikut adalah 6 tips agar akun WhatsApp aman dari hacker:


1. Seperti ulasan di atas, Amankan akun WhatsApp dengan fitur "Verifikasi Dua Langkah" untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra ke akun. Fitur ini bisa diaktifkan dengan cara tap Settings> Account> Two-Step Verification> Activate. Buatlah PIN 6 digit dan berikan alamat email untuk menonaktifkan fitur jika mereka lupa PIN. Ini sangat bermanfaat jika ponsel pengguna dicuri, atau seseorang mencoba memverifikasi ulang akun pengguna di perangkat lain.

2. WhatsApp membuat cadangan obrolan di Google Drive atau iCloud sehingga pengguna dapat dengan cepat memulihkan percakapan lama jika mereka menginstal ulang WhatsApp. WhatsApp mengenkripsi percakapan, namun cadangan tidak dienkripsi, berarti peretas dapat dengan mudah mengakses salinan cadangan pengguna dan membaca semua pesannya. Hal ini dapat dinonaktifkan di Settings> Chatting> Backup dengan memilih "Never". Menonaktifkan fitur ini berarti pengguna tidak dapat memulihkan obrolan lama.

3. Hati-hati saat buka WhatsApp di web. Pengguna harus selalu memastikan bahwa mereka menggunakan aplikasi mobile dan desktop WhatsApp yang resmi dan platform Web WhatsApp.Beberapa platform tidak resmi mengklaim menawarkan WhatsApp dengan fitur tambahan dibandingkan versi resminya. Namun, mereka tidak menawarkan perlindungan dan keamanan pengguna yang sama. Selain itu, pengguna harus keluar (log out) dari web WhatsApp apabila kita menggunakan perangkat orang lain.

4. Jaga agar gambar profil WhatsApp kita aman. Siapa pun yang memiliki nomor telepon pengguna, dapat menyimpannya di perangkat mereka dan melihat gambar profil WhatsApp pengguna. Mereka dapat mendownload gambar dari WhatsApp dan mengetahui lebih banyak tentang pengguna melalui pencarian Google Image. Namun, pengguna dapat menghindari hal ini dengan memblokir gambar profil mereka kepada mereka yang tidak berada dalam daftar kontak mereka dengan membuka Setelan> Akun> Privasi.

5. Lindungi dari penipuan pada WhatsApp. WhatsApp menawarkan beberapa fitur keamanan, namun pengguna pun harus berhati-hati untuk tidak jatuh dalam penipuan, seperti Warna baru WhatsApp (akses ke warna baru di aplikasi), berlangganan layanan gratis seperti Netflix, dan permintaan pembayaran, pesan, atau pemberitahuan yang mengklaim berasal dari WhatsApp. Hacker sering mengirim pesan semacam itu untuk mencuri data akun atau informasi pribadi dan menjualnya ke pihak ketiga.

6. Pengguna dan kontak harus memiliki kode keamanan yang sama. Setiap obrolan memiliki kode keamanannya sendiri untuk memastikan bahwa pesan dan panggilan yang dikirim ke chat tersebut adalah end-to-end-encrypted. Bagaimana memverifikasi apakah Anda memiliki kode keamanan yang sama? Pengguna dapat mengetahui kode keamanan dengan membuka "info kontak" (dengan mengklik gambar profil kontak) di dalam obrolan dan memilih "Enkripsi". Pengguna juga dapat diberi tahu jika kode keamanan kontak diubah, dengan membuka Pengaturan> Akun> Keamanan.

Itulah beberapa tips untuk mengamankan akun WhatsApp kita dari gangguan hacker yang bisa membocorkan informasi pribadi kita. Mudah-mudahan bermanfaat.

Baca Juga :

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "6 Tips Amankan WhatsApp dari Hacker"

Posting Komentar