18 November 2017

OPPO F5, Penawaran Bezel-less Pertama dari OPPO. Pantaskah untuk Dimiliki?

Setelah lama dibicarakan, akhirnya perangkat bezel-less pertama dari OPPO resmi diperkenalkan di Indonesia. Perangkat yang dimaksud adalah F5, yang tidak hanya hadir sebagai ponsel selfie, namun juga sebagai smartphone dengan penampilan yang cukup menggoda. Tidak hanya itu, OPPO F5 pun hadir dengan layar yang cukup luas. Terlebih, OPPO pun memberikan 2 pilihan kapasitas RAM, yang salah satunya terbilang cukup besar, apalagi jika disaingkan dengan lawannya, Vivo V7+.


Lalu, dengan harga jual mulai dari Rp 3,999 juta, pantaskah OPPO F5 untuk dimiliki?

1. Desain
desain

OPPO F5 hadir sebagai perangkat full view display. Ditambah lagi, ukuran layar dari perangkat ini sangatlah besar, yakni sekitar 6 inci. Hal itu membuat sudut pandang pengguna jauh lebih luas lagi.

Sayang, layar seluas itu hanya menampilkan resolusi 1080p. Belum lagi, tingkat kerapatan pikselnya hanyalah sebesar 402. Belum lagi, teknologi layarnya masih berupa LTPS IPS LCD. Pun demikian, rasio yang dimiliki perangkat ini sangat mantap, karena sebesar 18:9. Baik di bagian depan ataupun belakang, kamu tidak akan menemukan lensa kamera ganda. Jadi, penyesuaian diri perangkat ini terhadap trend 2017 hanyalah pada layar bezel-less saja.

Secara keseluruhan, perangkat ini berdimensi 156.5 x 76 x 7.5mm. Dan, bobot yang harus ditanggung oleh penggunanya adalah sebesar 152 gram, karena hampir seluruh bagian tubuh perangkat ini dilapisi oleh bahan metal.

2. Kamera
kamera
Seperti yang telah kami sampaikan pada poin desain, OPPO F5 tidak dibekali dengan lensa ganda. Baik kamera depan ataupun belakangnya hanya memiliki satu lensa saja. Hal yang cukup mengecewakan di tahun 2017 ini.

Untuk bagian belakang, OPPO memberikan lensa yang bertenaga 16MP. Lensa tersebut memiliki bukaan sebesar f/1.8. Dan, besaran sensor yang dimilikinya adalah 1/2.8 inci. Dengan begitu, lensa belakang perangkat ini cukup baik untuk menangkap gambar di kondisi cahaya minim. Terdapat pula LED flash yang mampu mengatasi hal tersebut. Sebagai perangkat selfie, OPPO memberikan lensa yang terbilang lumayan pada bagian depan F5. Pasalnya, tertanam lensa bertenaga 20MP dengan aperture f/2.0. Sayang, dari data tersebut F5 kurang pantas dianggap sebagai perangkat selfie. Terlebih, ketiadaan LED dibagian depan semakin memperparah kondisi tersebut.

Konon, kedua lensa itu telah mampu menangkap video dengan resolusi full HD atau 1080p. Sayangnya, kecepatan video yang ditangkapnya hanya mentok pada angka 30fps.

3. Spesifikasi
spesifikasi

Sebagai perangkat yang dijual dengan harga mulai dari Rp 3.999 juta, nampaknya penggunaan chipset MediaTek MT6763T masih pantas untuk dimaklumi. Terlebih, chipset tersebut banyak dibicarakan sebagai chipset yang berkinerja jauh lebih baik dari Snapdragon seri 400, dan hampir menyamai Snapdragon seri 600.

Chipset itu sendiri diisi oleh delapan inti Cortex-A53 yang mampu mencapai kecepatan hingga 2.5GHz. Terdapat pengolah grafis Mali-G71 MP2 di dalamnya. Chipset tersebut akan menghasilkan kinerja yang cukup tinggi, terlebih ketika dikolaborasikan dengan RAM yang besar. Maka dari itu, OPPO menghadirkan pilihan RAM 6GB (64GB) kepada pelanggan, dan terdapat pula pilihan RAM 4GB (32GB).

Sebagai sistem operasi yang berjalan di dalamnya, terdapat Android Nougat 7.1. OS besutan Google tersebut dikolaborasikan dengan ColorOS 3.2, yang diklaim memiliki kinerja jauh lebih baik dari user interface sebelumnya. Seluruh kinerja dari perangkat ini akan ditemani oleh baterai sebesar 3200mAh.

Kesimpulan
OPPO melalui F5 nampaknya tidak menonjolkan kualitas selfie, melainkan performa garang dari sebuah perangkat kelas menengah yang bertenaga MediaTek. Dengan kecepatan maksimal 2.5GHz, tentu perangkat tersebut mampu menyaingi kinerja Snapdragon seri 600. Terlebih, terdapat pilihan RAM 6GB (bonus: warna merah) yang bisa dimanfaatkan pengguna dengan merogoh kocek sedalam Rp 5,2 juta. Satu hal yang disayangkan, OPPO tidak membekali perangkat ini dengan lensa kamera ganda. Padahal, vendor dari China lainnya telah menyuguhkan teknologi tersebut, yang turut dipadukan dengan layar yang bezel-less.

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "OPPO F5, Penawaran Bezel-less Pertama dari OPPO. Pantaskah untuk Dimiliki?"

Posting Komentar