12 November 2017

5 Alasan Mengapa MIUI Xiaomi Adalah User Interface Terbaik


Berbicara soal Android tentunya user interface adalah kunci yang sering kali dibicarakan oleh para penggunanya. Bagaimana tidak, sistem operasi buatan Google tersebut memungkinkan para vendor atau bahkan end user untuk berkreasi secara langsung karena tanpa adanya batasan apapun, dan semua orang senang akan hal itu.

Namun, ketika berbicara soal user interface atau UI, maka tentu ada beberapa perbedaan pendapat akan UI satu dengan yang lainnya. Banyak orang yang mungkin berpendapat jika Android Stock (UI bawaan Android) adalah yang terbaik, tapi tidak sedikit orang juga yang mengatakan jika penampilan sistem operasi tersebut akan jauh lebih baik jika dihiasi dengan hal-hal khusus bawaan masing-masing vendor.

Nah, jika berbincang soal UI yang diperkenalkan oleh vendor, terdapat salah satu yang saat ini paling digemari oleh masyarakat Android, yakni MIUI. MIUI sendiri merupakan user interface yang diperkenalkan oleh vendor yang gemar mematok harga murah akan produk-produk smartphone besutanya, yaitu Xiaomi.

Menurut banyak orang, UI besutan Xiaomi tersebut adalah yang terbaik yang saat ini dapat ditemui dipasaran. Penilaian itu mendorong kami untuk mencari alasannnya, dan berikut hasil temuan yang bisa kami bagikan untuk kamu.

1. Paling Cepat Update


Salah satu nilai lebih MIUI adalah cepatnya penyesuaian UI tersebut terhadap sistem operasi terbaru dari Google. Hal ini mungkin nampak berlebihan, namun kami menemukan buktinya.

Ketika Android Nougat 7.0 diperkenalkan oleh Google untuk pertama kalinya, perangkat Xiaomi, Mi 5 adalah perangkat pertama yang bisa mengadopsinya. Bahkan, hingga beberapa hari ke depan, belum ada satupun perangkat Android lain (dari brand lain) yang mampu mengadopsi Nougat secara cepat.

Hal ini membuktikan jika MIUI merupakan user interface yang paling mudah untuk disesuaikan oleh sistem operasi Android terbaru yang dikeluarkan oleh Google. Tidak heran jika banyak orang yang menaruh hati padanya.

2. Walau Cepat, Fitur Tetap Ada

Berbicara soal cepat, biasanya akan terdapat banyak hal yang tertinggal. Sayangnya dalam kasus pengimplementasian Android Nougat 7.0 ke dalam perangkat ber-MIUI tidaklah dapat ditemukan.

Walaupun Mi 5 merupakan perangkat pertama yang dapat mengadopsi Nougat, rupanya perangkat tersebut juga dapat mengimplementasikan seluruh fitur yang dibawa oleh Android versi ketujuh itu. Sehingga, walaupun terkesan terburu-buru, rupanya MIUI tetap dapat mengoptimalkan kinerja Android Nougat 7.0.

Salah satu fitur yang saat itu diragukan banyak orang dapat bisa disesuaikan dengan MIUI adalah multi app. Hebatnya, dengan mudah fitur tersebut dapat berjalan dengan sangat baik di dalam Mi 5.

3. Asik Bagi Mereka yang Kreatif
MIUI bisa dikatakan sebagai user interface yang sangat asik bagi mereka yang memiliki tingkat kreatifitas yang tinggi. Kreatifitas yang dimaksud di sini adalah dalam mengobrak-abrik software yang ada di dalam perangkat mereka.

Selain dilandasi oleh Android yang notabene berbasis open source, MIUI sendiri memiliki komunitas yang sangat kuat. Jika kamu tergabung di dalam komunitas (website) resmi mereka, maka dengan mudah kamu dapat menemukan beragam tool yang dapat dimanfaatkan untuk membredel dan menghias ROM yang ada di dalam perangkat Xiaomi.

Hal ini bahkan cukup sulit untuk ditemukan pada perangkat brand lain. Karena, ikatan komunitas yang kuat saat ini hanya dimiliki oleh Xiaomi dan para penggunanya.

4. UI Ahli Menyalin


Mungkin kamu akan bingung dengan maksud poin keempat ini. Maka dari itu akan kami jelaskan.

MIUI merupakan user interface yang tidak bisa disangkal telah mengadopsi beragam nilai-nilai unik dari pabrikan lainnya. Walau demikian, MIUI tidak sembarangan menyalin hal tersebut dan dimasukan tanpa penyesuaian yang sempurna.

Xiaomi bisa disebut sebagai pabrikan yang brilian, terutama dalam menyalin fitur pabrikan lain ke dalam setiap produk yang dimilikinya, salah satu buktinya adalah MIUI.

Beragam fitur unik nan menyenangkan yang biasa kamu temukan di brand lain (beda satu sama lainnya) seakan dijadikan satu ke dalam MIUI oleh Xiaomi. Kelebihan inilah yang membuat senang banyak pengguna perangkat berlogokan brand asal Negeri Tirai Bambu tersebut.

5. Kinerja yang Cepat

Ini adalah poin terakhir dan poin yang paling kami rasakan, yakni kinerja yang cepat. Walau merupakan UI yang telah diobrak-abrik dan ditambahkan segala macam hal oleh Xiaomi, namun MIUI merupakan user interface yang bagi kami paling cepat kinerjanya. Beberapa hal mungkin ditambahkan oleh Xiaomi ke dalam MIUI, namun beberapa penghapusan yang cerdas juga dilakukannya. Salah satu penghapusan yang dimaksud adalah App Drawer (laci aplikasi). Hilangnya hal tersebut membuat kinerja MIUI sungguh ngebut, bahkan lebih ngebut dibandingkan user interface dari pabrikan lain. Fitur yang nampak disalin dari iOS ini adalah salah satu fitur terbaik MIUI yang kami rasakan. Beberapa orang mungkin merasa App Drawer masih dibutuhkan kehadirannya, namun bagi kami hilangnya hal tersebut membuat kinerja perangkat semakin ngebut dan tentu memberikan kenyamanan tiada tara.

Kesimpulan

Tidak semua orang berpendapat MIUI merupakan user interface terbaik. Pasalnya, penilaian sebuah perangkat smartphone saat ini tidak hanya terpaku dari UI saja. Masih banyak hal lain yang patut diperhitungkan. Namun, bagi mereka yang membutuhkan kinerja lancar tanpa adanya hal-hal tidak berguna dan sangat mengganggu, maka MIUI merupakan user interface yang patut dicobanya. Mungkin, ketika mencoba hal yang kami maksud, mereka patut menutup mata dari brand dan penampilan luar perangkat terkait.

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "5 Alasan Mengapa MIUI Xiaomi Adalah User Interface Terbaik"

Post a Comment