12 November 2017

Ketahui 5 Tips Ini Agar Terhindar Dari Berita HOAX


Di era sekarang ini, pertumbuhan smartphone dan media sosial yang tidak diimbangi dengan literasi digital menyebabkan berita palsu atau sering kali disebut hoax merajalela di Indonesia. Informasi yang menyesatkan tersebut banyak beredar melalui beragam jalur, termasuk pada berbagai situs online dan juga pesan chatting. Jika para pengguna dunia maya atau netizen tidak berhati-hati, maka netizen pun dengan mudah akan termakan tipuan hoax tersebut bahkan fatalnya bisa ikut menyebar luaskan informasi palsu itu. Hal ini tentunya akan sangat merugikan bagi banyak pihak terutama pada korban fitnah. Nah sob, lalu bagaimana sich caranya agar kita tidak mudah terhasut oleh berita palsu atau hoax?




Berikut Tipsnya

1. Memeriksa judul berita yang cenderung provokatif.
Berita palsu atau berita hoax seringkali menggunakan judul yang sensasional dan provokatif, misalnya judul yang secara langsung menuding ke pihak tertentu. Isi dalam berita pun beragam, namun biasanya diambil dari salah satu berita di media resmi dan isi berita diubah sedemikian rupa agar menimbulkan sebuah persepsi yang sesuai dengan kehendaki sang pembuat hoax.

Nah sob, maka dari itu jika kalian menjumpai atau membaca berita denga judul berita yang provokatif, sebaiknya kalian mencari referensi beberapa berita yang serupa dari situs berita online yang resmi, nah kemudian kalian bandingkan isinya, apakah sama atau berbeda. Dengan melakukan hal tersebut, setidaknya kalian sebabagi pembaca bisa memperoleh sebuah kesimpulan yang lebih berimbang atau paling tidak kalian tahu jika berita tersebut belum bisa di percaya.

2. Cermati alamat situs yang tertera pada berita
Jika berita atau informasi yang kalian peroleh dari website atau ada link yang tercantum pada berita, maka kalian harus memeriksa alamat URL situs yang dimaksud. Nah apabila berita tersebut berasal dari situs yang belum terverifikasi sebagai institusi pers resmi, misalnya saja link atau situs yang menggunakan domain blog, maka informasinya bisa dibilang meragukan.

Nah sob, kalian tahu gak? Ternyata menurut catatan Dewan Pers, di Indonesia terdapat sekitar kurang lebih 43.000 situs di Indonesia yang mengklaim sebagai portal berita. Dan dari jumlah tersebut, kurang dari 300 situs yang telah terverifikasi sebagai situs berita online yang resmi. Artinya ada puluhan ribu situs yang berpotensi menyebarkan berita palsu atau berita hoax di internet yang mesti diwaspadai.
berita hoax

3. Bedakan fakta atau opini
Perhatikan dulu dari mana berita tersebut berasal dan siapa sumbernya? Apakah dari institusi resmi seperti contohnya KPK atau Polri? Dan sebaiknya kalian jangan mudah percaya jika informasi berasal dari sebuah kelompok, organisasi masyarakat tokoh politik atau dari seorang pengamat. Selain itu kalian harus perhatikan sumber berita, jika berita tersebut hanya ada satu sumber, maka pembaca tidak bisa mendapatkan gambaran yang utuh dan menimbulkan sudut pandang yang salah.

Nah sob, hal lain yang perlu kalian cermati yakni perbedaan antara berita atau informasi yang dibuat berdasarkan fakta atau opini. Kalian harus tau, Fakta adalah suatu informasi peristiwa yang terjadi dengan adanya kesaksian dan bukti, sementara Opini merupakan pendapat atau pandangan seseorang atau kesan dari penulis berita sehingga berita tersebut memiliki kecenderungan untuk bersifat subyektif atau memihak.


4. Cek keaslian foto atau gambar
Di era teknologi digital yang serba canggih pada saat ini, bukan hanya konten berupa teks yang dapat dimanipulasi, melainkan konten lain berupa foto maupun video juga mudah di manipulasi. Alhasil banya para pembuat berita palsu atau hoax yang mengedit foto atau video untuk memprovokasi para pembaca.

Nah terus bagaiman cara mengetahui foto atau video itu asli atau tidak? Cara cukup mudah kok sob, kalian bisa mengecek keaslian foto atau video dengan memanfaatkan mesin pencari Google, yakni dengan cara melakukan drag-and-drop ke kolom pencarian Google Images untuk foto dan Google Video untuk konten video. Nah maka hasil pencarian Google akan menyajikan beberapa gambar-gambar serupa yang terdapat di internet sehingga kalian bisa dengan mudah membandingkannya dan mengetahui mana yang asli mana yang hoax.

5. Ikut serta grup diskusi anti-hoax
Cara yang terakhir untuk mengantisipasi berita hoax adalah dengan ikut serta dalam grup diskusi anti-hoax, misalnya di situs media sosial Facebook terdapat sejumlah fanpage dan grup diskusi anti hoax diantaranya Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax (FAFHH), Indonesian Hoax Buster, Fanpage Indonesian Hoaxes, dan Grup Sekoci serta masih banya yang lainnya.

Nah di dalam grup diskusi tersebut, netizen atau masyarakat bisa ikut berdiskusi dan bertanya apakah informasi yang di dapat merupakan hoax atau bukan. Tak hanya itu saja, kalian juga bisa melihat klarifikasi yang diberikan oleh orang lain atau orang yang difitnah dalam berita.

Nah itulah 5 tips sederhana untuk menghindari berita hoax. Jadilah pengguna internet yang cerdas ya sob. Jangan lupa share ya, agar para orang-orang yang kita cintai terhindar dan tidak mudah terhasut dengan berita hoax

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "Ketahui 5 Tips Ini Agar Terhindar Dari Berita HOAX"

Post a Comment