13 November 2017

Inilah Rahasia Mengapa Smartphone China Dijual Murah Meriah

Smartphone asal china pada era sekarang ini memang tengah merajalela. Setelah Samsung dan Apple, produsen China benar-benar mendominasi pasar gadget di Indonesia. Pasalnya, dari posisi 3 sampai posisi 10 sepenuhnya telah dikuasai oleh vendor-vendor smartphoen asal Tiongkok. Berurutan mulai dari Huawei, OPPO, Xiaomi, Vivo, ZTE, Lenovo, TZL, dan Meizu. Lantas apa rahasianya? Ada yang tau?

Ponsel buatan China dulu memang identik dengan produk tiruan yang di bandrol murah meriah, namun kini tidak begitu lagi. Pasalnya, brand lokal dari Negeri Tirai Bambu tersebut telah berhasil membuat smartphone yang mampu bersaing dengan raksasa-raksasa smartphone kelas dunia seperti halnya Apple dan juga Samsung namun tetap mereka membandrol dengan harga yang lebih murah.

Ternyata begini alasan kenapa smartphone asal China dibandrol dengan harga yang sangat murah.
1. Adanya Bahan Baku yang Berlimpah.

bahan baku melimpah

Negeri Tirai Bambu yakni China jelas menjadi salah satu negara pembuat smartphone utama. Pasalnya bahan baku pembuatan smartphone di China sangatlah berlimpah. Dari jumlah 17 bahan bumi yang sangat langka, 16 di antaranya diperlukan untuk bahan memproduksi smartphone. Di China 95 persen bahan bumi yang langka dihasilkan. Sebagai perbandingannya yakni India hanya menghasilkan 2,5 persen saja dan di negeri paman sam, Amerika Serikat hanya 13 persen saja. Jelas, China merupakan negara pembuat smartphone yang paling utama.

2. Fokus terhadap Penjualan Online.

fokus penjualan online

Perusahaan smartphone seperti Samsung dan Apple, telah banyak menghabiskan uang untuk membangun infrastruktur toko, service center, ekosistem demi bisa meningkatkan layanan purna jual. Nah itulah alasannya, kenapa smartphone racikan Samsung dengan spesifikasi yang sama dengan smartphone asal China dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Sedangkan, pabrikan smartphone asal China lebih mengandalkan penjualan secara online, terutama para vendor baru yang menjajal nasibnya di pasar gadget Indonesia. Dengan begitu, tidak ada yang namanya biaya tambahan yang harus dikeluarkan dan vendor bisa menekan harga ponsel dengan harga yang sangat murah.

3. R & D (Research and Development).

research and development

Perusahaan Raksasa teknologi contohnya seperti Apple, Google, Microsoft, dan juga Samsung menghabiskan uang dalam jumlah yang sangat besar pada divisi penelitian dan pengembangan. Sementara itu, kalian mungkin tidak akan menemukan sesuatu hal atau fitur yang baru selain adanya spesifikasi yang tinggi dari smartphone asal China.
4. Upah Tenaga Kerja yang Terbilang Murah.

gaji murah

Nah sobat, Salah satu alasan yang paling umum kenapa smartphone asal China bisa dibanderol dengan harga yang sangat murah adalah karena tenaga kerja di beri upah yang terbilang rendah. Pasalnya, upah tenaga kerja di negeri tirai bambu tersebut adalah yang terendah di dunia dan ini adalah alasan utama mengapa banyak vendor smartphone membangun produk di sana.

5. Memiliki Spesifikasi yang Tinggi, Tetapi...
spek tinggi

Esttt,,, Jangan takjub dulu ya sobat jika melihat smartphone asal China yang dibekali dengan spesifikasi yang tinggi namun dibanderol dengan harga murah meriah. Pasalnya, demi bisa menyeimbangkan antara harga dan kinerja, ada beberapa komponen smartphone yang masih menggunakan teknologi lama. Alih-alih menggunakan RAM dengan teknologi terbaru yakni DDR4, mereka malah masih mengadopsi RAM dengan teknologi DDR3. Tak hanya itu saja, pada segi layar yang digunakan kualitasnya lebih rendah jika dibandingkan dengan layar yang menggunakan panel AMOLED atau IPS yang kini digunakan oleh para vendor terkemuka di dunia.

6. Marketing yang Murah Meriah.

marketing murah

Dengan bisa menggelontorkan smartphone dengan harga yang murah meriah dengan dibekali spesifikasi yang lumayan tinggi, contohnya saja Xiaomi. Pasalnya, mereka berhasil menjadi terkenal tanpa menghabiskan biaya yang banyak untuk pemasaran. Para pabrikan asal China memang cukup jeli dalam memanfaatkan jaringan pemasaran di media Internet. Sementara, lain lagi dengan para vendor terkemuka seperti Samsung, LG, ataupun Apple yang harus rela menghabiskan jutaan rupiah untuk biaya iklan di TV, sponsor, atau bintang iklan demi bisa mempromosikan produk andalan mereka.

7. Memiliki Kualitas yang Semakin Baik.

kualitas baik

Para pecandu smartphone tentunya lebih mempertimbangkan tentang kualitas dan layanan yang baik ketimbang sekadar melirik harga yang murah. Di tahun 2017 ini, kalian pasti merasakan bahwa banyak sekali produsen smartphone asal China yang tengah berlomba-lomba untuk mengembangkan smartphone premium dengan kualitas yang baik dan tidak lagi sekadar harga yang murah. Salah satu vendor asal China, sebut saja Huawei kini tengah menggelontorkan sumber daya ke departemen perancangan perangkatnya yang dikepalai oleh seorang mantan desainer Samsung yakni Joonsuh Kim. Dan tak hanya Huawei saja, OPPO juga tengah berupaya menciptakan perangkat unggulan yang bisa menonjol dalam hal kualitas di antara produk para pesaingnya.

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "Inilah Rahasia Mengapa Smartphone China Dijual Murah Meriah"

Posting Komentar