19 November 2017

8 Istilah Teknologi Yang Sering Salah Sebut

istilah wifi
Perkembangan teknologi yang ada di dunia seperti halnya perangkat Mobile, PC, Laptop, Smart TV, Gear Gaming, dan perangkat-perangkat teknologi pintar lainnya tentu memiliki nama untuk menandai satu produk dengan produk teknologi lainnya. Seiring berjalannya perkembangan teknologi pasti diiringi juga dengan istilah-istilah teknologi yang bersanding dengannya. Namun lucunya, masih saja beberapa dari kita yang salah ketika menyebutkan istilah teknologi ini.



Inilah beberapa istilah teknologi yang masih sering salah sebut.


1. Sign In

sign in twitter

Jika kamu memiliki aplikasi sosial media pastinya tidak asing dong dengan istilah itu? Yap, sign in adalah istilah ketika seseorang ingin masuk kedalam aplikasi ataupun website tertentu yang memiliki form pendaftaran data pengguna, setelah terdaftar maka pengguna memiliki akun ID & Password guna untuk akses masuk. Nah, umumnya orang-orang akan menyebutnya dengan 'Sin-in, Sig-in dan Sijen-in'. Namun penyebutan tersebut keliru, dan yang benarnya adalah seperti ini 'Sain-in/Sainin'.

2. Typo

typo

Hayo siapa dari kamu yang sering typo ketika mengetik pesan? Istilah Typographical Error atau biasa dikenal Typo ini adalah kesalahan mekanisme ketika mengetik suatu kata dikarenakan slip atau dobel klik. Istilah ini makin marak di dunia teknologi terutama pada beberapa aplikasi sosial media. Namun tak seikit yang menyebut istilah 'typo' ini dengan sebutan 'Ti-po', dan penyebutan yang benar adalah 'Tai-po/Taipo'.

3. Wi-Fi
wifi
 Wi-Fi (Wireless Fidelity) pasti kamu sudah tahu dong kegunaannya untuk apa. Tapi tahukah kamu bagaimana cara menyebutkan istilah 'Wi-Fi' ini yang sebenarnya ? Penyebutan yang benar adalah 'Wai-Fai/WaiFai' bukan 'Wai-Fi' ataupun 'Wi-Fi'. Jadi jangan sampai salah lagi ya ketika menyebutkan kata Wi-Fi ini, terlebih saat kamu bertanya ditempat tongkrongan yang ada Wi-Fi nya.

4. Copy Paste

copy paste

Ternyata istilah yang sering digunakan untuk 'menyalin' dan 'menempelkan' kata atau kalimat ini masih banyak yang keliru dalam penyebutannya. Bukanlah dibaca 'Kopi Paste' (huruf E dibaca dengan ejaan 'Segera' ataupun 'Bebek'), melainkan dibaca dengan 'Kopi Peist' (huruf E dibaca dengan ejaan 'Bebek').

5. Charge/Charger

charge

Benda yang digunakan untuk mengisi daya baterai ponsel ini ternyata masih ada juga yang keliru ketika menyebutkannya. Orang-orang cenderung menyebutnya 'Carger, Carjir ataupun Carjer', sebutan yang benar adalah 'Carje' (huruf E dibaca dengan ejaan 'Segera'). Kata lainnya 'Charge' dibaca 'Carj'.


6. Meme

meme

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, lidah kita (orang indo) cenderung praktis dan tak mau ribet, seperti halnya ketika menyebut kata 'Meme'. Tapi tahukah sobat bagaimana cara penyebutan yang sebenarnya? Bukan dibaca 'Me-Me' (huruf E dengan ejaan 'Bebek') namun dibaca 'Mim'.

7. Cache

cache

Ngaku deh, pasti banyak dari sobat yang salah ketika menyebut kata 'Cache' ini? For your information, cache ini adalah penyimpanan sementara pada data-data yang sudah atau sering sobat akses, jika dibuka kembali maka akan merespon dengan cepat, namun jika dibiarkan atau tidak dibersihkan maka akan menjadi sampah dan membuat perangkat jadi lemot. Mayoritasnya banyak yang salah bahkan bingung ketika ingin menyebutkan kata cache ini. Sebutan yang salah yaitu 'Cesh, Ca-she, Cech, Ca-ce, Ka-sye, Ke-sye, Kech, Key-sye', dsb. Dan yang benar adalah 'Kash'.

8. Widget

widget

Widget atau aplikasi tambahan yang ada pada homescreen sebagai pemanis tampilan (juga bisa dibuat untuk shortcut) ini ternyata ada juga yang masih keliru sewaktu menyebutkannya. Sebutan yang salah 'Wid-je, Wid-jet, Wi-get, Wi-je, We-jet', dsb. Penyebutan yang benar yaitu 'Wi-jet' (huruf E dibaca dengan ejaan 'Segera').

Nah, itulah beberapa istilah teknologi yang sering salah sebut walaupun istilah itu sebenarnya tak asing bagi kita. Dan sekiranya kamu lebih nyaman dan terbiasa dengan penyebutan yang praktis, setidaknya dengan artikel yang sudah kamu baca ini membuat kamu tahu cara sebut yang sebenarnya. Semoga bermanfaat.

Share this

Seorang Netter Yang Suka Ngadem Dibawah AC

0 Comment to "8 Istilah Teknologi Yang Sering Salah Sebut"

Post a Comment